Acrophobia

 



MEMAHAMI FOBIA KETINGGIAN DAN CARA MENGATASINYA

Acrophobia merupakan phobia takut yang berlebihan terhadap ketinggian.Rasa takut yang dialami penderita phobia ketinggian dapat menimbulkan beberapa gejala.Seperti kecemasan,stres atau panik,saat berada di tempat tinggi.Meski tidak mudah,phobia ketinggian sebenernya dapat diatasi.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Acrophobia

Phobia atau rasa takut pada ketinggian yang dikenal juga sebagai acrophobia merupakan salah satu jenis fobia yang paling umum.Meskipun masih banyak orang yang merasa takut saat berada di tempat tinggi,tetapi orang yang memeliki phobia ketinggian akan merasa gelisah,cemas sehingga panik ketika berada di ketinggian.Tubuh manuia memang memeliki pertahanan alami bahaya,seperti melompat tebing atau mengemudi di atas jembatan sempit dan tinggi.Hal ini berubah menjadi masalah jika insting rasa takut yang muncul secara alami berubah menjadi paranoia atau ketakutan abnormal.

Rasa takut berlebihan ini dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan dan juga merugikan.Rasa takut ini mengutungkan karena rasa takut akan menghalangi kita dari melakukan hal-hal yang membahayakan.Namun orang yang memeliki phobia ketinggina akan mengalami rasa panik atau kecemasan yang ekstrim.Phobia ketinggian dapat disembuhkan dengan terapi,tapi sebelum itu mari kita ketahui beberapa gejela fobia atau rasa takut berlebihna akan ketinggian.

Gejala Acrophobia

Saat mengalami acrophobia atau phobia takut ketinggian,ada beberapa yang mungkin dirasakan,beberapa diantaranya merupakan
  • Lebih berkeringan dibandingkan biasanya.
  • Dada Terasa Sesak.
  • Jantung berdebar kencang,meski hanya memikirkan tempat tinggi.
  • Mual dan pusing saat berada di ketinggian.
  • Tubuh menjadi bergetar saat berada di ketinggian.
  • Sakit kepala dan rasanya seperti kehilangan kesimbangan saat berada di ketinggian.
  • Berusaha sebisa mungkin menghindari ketinggian.

Penyebab Munculnya Acrophobia

Sama halnya dengan phobia pada umumnya,phobia ketinggian biasanya muncul pada sesorang yang memiliki pengalaman pait di masa lalu.Biasnya pengalaman paitnya berkaitan dengan ketinggian seperti :
  • Memeliki pengalaman jatuh dari tempat tinggi
  • Pernah melihat orang lain dari ketinggian
Meski begitu,phobia terhadap ketinggian juga bisa terjadi tanpa penyebab yang mendasarinya.Bisa jadi kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkugan di sekitarnya.

Cara-Cara Mengatasi Acrophobia

Meski begitu bukan berarti phobia terhadap ketinggian tidak bisa diatasi atau di sembuhkan.Menurut Australian Psychological Society,mempelajari atau mencari tau bagaimana phobia ini muncul akan memudahkan mengatasinya,Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika ingin mengatasi phobia ketinggian,seperti berikut.
  • Pemulihan Mandiri
Mengatasi kondisi secara mandiri berarti benar-benar mencoba sendiri berbagai cara untuk mengurangi rasa takut atau menghilangkan phobia ketinggian.Meskiput hampir jarang cara ini berhasil.
  • Terapi Konseling
Jika mengatis kondisi mandiri masih belum membuahkan hasil,cobalah untuk konsultasi dengan dokter ahli kesehatan mental.Mungkin kalian membutuhkan bantuan profesional dari seorang psikiater atu ahli terapi.Namun pada umumnya terapi ini lambat dan kurang efektif,karena pelatih ini tidak memeliki metode untuk menangani khawatirn yang serius.
  • Terapi Pemaparan
Terapi pemaparan merupakan bentuk terapi perilaku kognitif yang melibatkan diri kalian dalam skenario yang melibatkan phobia.Selain itu,menjalani terapi ini.Anda diminta mempelajari hal baru untuk mengatasi phobia.Proses ini biasanya memeliki 5 langkah yaitu

1. Evaluasi - Kalian akan mendeskripsikan ketakutan kepada terapis dan mengingat kembali kejadian dimasa lalu yang diperkirakan berhubungan dengan phobia ketinggian.
2. Tanggapan - Terapis akan menawarkan evaluasi phobia kalian dan mengusulkan rencana pengobatan.
3. Pengembangan Tingkat Ketakutan Yang Dirasakan - Kalian dan terapis membuat daftar skenario yang melibatkan rasa takut,masing-masing lebih intens dari terakhir
4. Eksposur - Kalian akan mulai membuka diri untuk masing-masing skenario pada daftar,dimulai dari situasi yang paling tidak menakutkan.Anda mulai menyadari bahwa kepanikan berkurang dalam beberapa menit saat menghadapi rasa takut anda.
5. Tahap Lanjutan - Ketika merasa nyaman pada setiap tahapan,maka kalian akan berpindah pada situasai yang lebih sulit.

Terapi Prilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif merupakan pendekatan yang mendorong orang untuk mengahadapi dan mengubah pikiran serta sikap yang mengarah pada rasa takut.Desensitsasi Sistematis,yang merupakan terapi perilaku Kognitif (CBT) merupakan teknik terapi perilaku yang lebih sering digunakan untuk megobati phobia ketinggian atau phobia lainnya.
Lebih baru Lebih lama