Alternatif Menangkal Petir Bagi Pengguna Atap Baja Ringan


 APAKAH AMAN ATAP RUMAH YANG TERBUAT DARI BAJA RINGAN JIKA TERSAMBAR PETIR ?

Baja ringan merupakan kontruksi populer yang digunakan masyarakat sekarang sebagai rangka rumah,dibandingkan menggunakan kayu.Bukan tanpa sebab,itu dikarnakan baja ringan memiliki ragam keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh rangka kayu.Tapi,banyak orang yang masih bertanya-tanya,apakah atap baja ringan mudah tersambar petir?.

Struktur baja ringan terbuat dari material logam dan bersifat konduktor dapat menghantarkan aliran listrik.Sehingga pertanyaan apa benar pengguna baja ringan dapat menyambar petir?Jawabanya adalah tidak dapat tersambar petir.Justru pengguna baja ringan dapat menghambat sambaran petir.

BAGAIMANA PETIR BISA MENYAMBAR BANGUNAN?

Terdapat 4 jenis sambaran petir yang kita ketahui,yaitu Intra Cloud(IC), Cloud to Cloud (CC), Cloud to Air (CA) dan Cloud to Ground (CG).Tetapi jenis petir yang sering kita temui dalam kehidupan yaitu termasuk GC dikarenakan tipe ini melepaskan muatan dari awan ke bumi.Padahal penangkal petir bukan "menarik" petir,melainkan menyalurkan dengan aman ke tanah jika menyambar ke area bangunan.Ketika tipe petir GC ini dilepaskan ke bumi,memang seharusnya melalui perantara.Bisa berupa bangunan dan pohon karena komponen tersebut merupakan konduktor listrik terbaik dibandingkan udara.

BANGUNAN YANG MENERIMA RESIKO TERSAMBAR PETIR

Listrik lebih mudah melewati barang yang mengandung konduktor,seperti baja ringan atau tembaga dibandingkan dengan kayu.Jika pemasangan konduktor tidak tepat atau buruk,dapat mengakibatkan kebakaran hingga ledakan.Bangunan yang terbuat dari logam atau atap baja ringan dapat memeberikan jalur muatannya ke bumi.Sehingga bangunan tersebut dapat bertahan dari sambaran petir sekalipun.Walaupun atap baja ringan dikategorikan sebagia konduktor listrik yang baik,tapi bukan berarti memudahkan terjadinya sambaran petir.

LANGKAH YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENANGKAL PETIR

Lagi pula tidak ada salahnya menggunakan penangkal petir untuk memperkecil terjadinya sambaran petir.Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menangkal petir selain memasang penangkal petir.

1. Memasang Penangkal Petir
Pada umumnya penangkal petir ditempatkan pada bagian paling atas dari sebuah bangunan.Sistem perlindungan petir ini mencakup hubungan konduktor logam dengan atap,jalur konduktor logam dari atap ke tanah,koneksi objek logam dalam struktur dan jaringan landasan.Bagian atap penangkal petir terdiri dari strip logam yang biasanya terbuat dari tembaga atau alumunium.

Jika jenis atap yang biasanya digunakan yaitu atap glombang bahan alumunium,maka penangkal petir yang terbuat dari tembaga tidak boleh di pasang,ujung penangkal petir dan kawatnya harus terbuat dari alumunium.Bagian arde yang masuk kedalam tanah harus diatur sedemikian rupa,agar alumunium strip berada di atas dan sambungan terlindung dari air.

2. Memasang Lembaran Atap Dari Kaca
Mengapa harus benda kaca? karena kaca dapat mencegah sambaran petir,selain fungsinya kaca yang jarang tersambar petir.Namun bisa digunakan agar cahaya matahari dapat masuk kedalam rumah.  

3. Memastikan Kontruksi Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Sesuai Prosedur Keamanan
Mengecek kembali bagian-bagian atap yang terlihat percikan api.Biasanya terlihat pada bagian sambungan rangka baja ringan.Apabila terdapat bagian baja ringan yang kendor,harus segera dikencangkan agar dapat menimalisir gesekan.

Lebih baru Lebih lama