Apa Itu CCTV

    



MENGUPAS  TUNTAS  CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV)

Closed Circuit Television atau CCTV apabila diterjemahkan berarti televisi sirkuit tertetup.Cara kerja sistem CCTV adalah menggunakan sisnyal bersifat tertutup,jadi bukan seperti televisi biasa.Kamera pengintai ini merupakan perangkat yang penting untuk dipasang di area-area yang butuh sitem keamanan yang ekstra.Untuk kalian yang ini lebih banyak mengenal apa itu cctv,berikut adalah pembahasaanya.

PENJELASAN CCTV

CCTV merupakan alat yang dapat melakukan rekaman kejadian dan peristiwa tanpa menggunakan oprator,adapun sinyal yang ditangkap. CCTV bersifat tertup atau tidak di distribusikan lagi ke publik layaknya siaran televisi.Biasanya kamera cctv ini digunakan untuk memeberikan pengasawan ekstra untuk area area yang butuh sistem keamanan bersifat sistem.Kamera pengintai ini ada yang hanya bisa menampilkan apa yang sedang terjadi dan ada juga yang bisa menyimpan aktivitas yang terjadi dihadapannya.Kedua opsi itu dikembalikan pada pengguna agar bisa menyesuaikan keinginan dan kebutuhan.

Sejarah CCTV

CCTV sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942 oleh Sismens AG di Jerman pada acara peluncuran roket V-2 yang mana CCTV pada acara tersebut sendiri merupakan desain dari seorang ahli bernama Waller Bruch.Di Indonesia sendiri penggunaanya baru meluas beberapa tahun belakangan ini.

Leon Theremin adalah seorang ahli fisika yang berasal dari Rusia.Pada bulan Juni tahun 1927.Leon pertama kali mengenalkan CCTV mesiki belum sepenuhnya memeliki sistem seperti saat ini.Sistem ini merupakan sistem yang diminta oleh pihak Uni Soviet untuk pertahanan.Pada awalnya sistem dari CCTV ini akan membutuhkan oprasional secara manual dengan menggunakan scanning transmitting camera.Selain itu sistem ini juga memebutuhkan wireless gelombang pendek yang terdiri dari transmitter dan recaiver.

Selain itu penggunaan sistem CCTV ini juga digunakan oleh Nazi,jerman pada tahun 1942.Sistem ini merupakan sistem yang diinstall oleh Siemens AG dan juga test Stand VII.Fungsinya adalah untuk melakukan pengawasan terhadap peluncuran roket v-3.

sumber : wikipedia bahasa inggris


FUNGSI CCTV

Pada dasarnya CCTV adalah sebuat perangangkat keamanan yang dapat digunakan secara luas,mau digunakan untuk kebutuh atau kepentingan pribadi,atau digunakan untuk kebutuhan publik.Kebanyakan CCTV yang dipakai untuk kepentingan publik biasanya sering kita liha ada di area jalan.

Di Indonesia sendiri CCTV sudah mulai populer di beberapa tahun terakhir.Itu terbukti betapa sangat membantunya sistem keamanan yang satu ini,dan dapat membantu keamanan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.Fungsi CCTV diantara lain

  • Meningkatkan Keamanan. Fungsi utama dari CCTV sendiri untuk meningkatkan keamanan.Itu juga berarti upaya pencegahan terhadap tindak krimanal dan kejahatan.CCTV dapat merakam dan menampilkan secara langsung memantau suatu tempat.
  • Memantau Aktivitas. Pemasangan CCTV juga berfungsi mengawasi kegiatan aktivitas yang ada.Ini berguna untuk memantau aktivitas para pekerja.
  • Menjaga Aset. Aset suatu perusahaan besar maupun kecil tetap elemen yang dijaga.Salah satu upaya untuk menjaga aset dengan memasang CCTV untuk memastikan pemantauan ketika meninggalkan tempat penyimpanan aset dalam waktu yang lama.
  •  Barang Bukti Tindakan Kejahatan. Reakaman CCTV akan tersimpan secara otomatis,apabila terjadi hal-hal buruk hasil rekaman bisa dijadikan sebagai bukti.Di Indonesia sendiri fungsi CCTV menjadi bukti kuat buat polisi untuk menindak lanjuti tindak kejahatan. 


JENIS-JENIS CCTV

Berikut jenis camera CCTV berdasarkan bentuk fisik dan kegunaanya :

1. PTZ Camera

Pan Tilt Zoom Pan (PTZ) memungkinkan camera dapet bergerak kekiri dan kekanan dengan demikian dapat menjangkau area lebih luas searah pengerakkannya TILT : lensa camera dapat bergerak keatas dan kebawah.ZOOM : kemampuan camera untuk memperbesar objek hingga beberapa kali lipat.Camera jenis ini biasa digunakan untuk identifikasi pada area yang luas hanya dengan menggunakan 1 camera saja,ini memudahkan pengawas dalam memonitoring area yang luas karea PTZ camera dapat berputas otomatis atau digerakan melalui controller.

2. Dome Camera


Memiliki bentuk seperti kubah oleh karena itu disebut dome,lensa camera dilindungi oleh dome (kubah) dengan tujuan agar dari arah camera tidak terlihat atau tersembunyi tapi terlihat oleh kasat mata.Orang akan sulit menebak arah camera yang sedak dibidik karena terhalang oleh lapisan dome.Kelebihan Dome camera adalah pemasangannya yang relatif lebih mudah,mendukung ifra red atau night vision,camera sulit dirusak karena dilindungi lapisan dome.Kekurangannya adalah kurang bagus untuk mengabil letak yang jauh.

3. Bullet Camera 


Jenis camera ini sangat cocok untuk pengamatan jarak pendek atau mengeah,dan biasanya digunakan untuk indoor maupun outdoor tentunya dengan stnadart yang harus dipenuhi yaitu tahan air.Kebanyakan jenis ini dipasang di outdoor dan sudah dilengkapi dengan lampu infra merah,agar menghasilkan gambar  hitam-putih yang jelas dalam jarak tertentu,walaupun di sekitarnya gelap total

4. Box Camera


Mempunyai kemampuan zoom dengan penempatan pemasangan pada bidang vertikal,kekurangan kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan untuk dapat menangkap gambar dengan jelas.Dapa menggunakan infrared dengan alat tambahan serta penggunaan lensa infrared pada kamera ini dan akan lebih baik.Apabila box camera dilengkapi dengan housing kamera apabila masih dalam jangkauan tangan.Bila kamera ini dipasang dalam masih dalam jangajauan tangan,lebihbaik ditambahkan tempat untuk perlindung kamera tersebut.

5. Infra Red Camera


Infrared camera cocok digunakan pada tempat yang reatil gelap dan jauh dari jangkuan.Jauhnya jarak yang bisa di tangkap oelh CCTV camera infra red ini sangat tergantung dari kapasitas pencahayaan yang dimiliki,uaoti LED yang digunakan camera ini biasa di sebut juga dengan nigh vision camera.


6. IP Camera


Camera jenis ini harus terhubung ke suatu jaringan internet atau jaringan computer local lewt koneksi Ethernet.Model camera CCTV ini mentransimisikan sinyal vidionya lewat jaringan computer baik local maupun bisa diakses lewat.Makanya perlu IP address public sebagai suatu node unique di internet global.

7. Board Camera
Board Camera tidak lain adalah bagian dalam dari miniature camera itu sendiri atau bagian dalam dari camera jenis done.Seperti terlihat pada gambar,maka padanya sudah terpasang board lens,camera jenis ini biasanya terhubung pada media computer ataupun lainnya,rata-rata mempunyai resolusi yang rendah,karena biasanya board camera digunakan untuk teleconference standar. 

Lantas jika kita sudah tau penjelasan tentang cctv,sejarahnya,fungsinya bahkan jenis-jenis cctvnya.Lalu apakah memasang sistem keamanan seperti CCTV adalah keperluan?

Penggunaan sistem keamanan CCTV ini bisa dibilang sangat penting untuk kebutuh secara umum baik dilingkungan publik,lingkungan pribadi dan lingkungan bisini.Pada lingkungan pribadi penggunaan CCTV penting dikarnakan dapat kita gunakan untuk bukti jika ada tindak kejahatan dilingkungan pribadi.Selain itu teknologi CCTV sendiri untuk jaman sekarang sudah makin canggih.Sekarang banyak CCTV yang sudah dilengkapi dengan sensor gerak untuk meningkatkan keamanan rumah.

Dilingkungan bisnis CCTV selain untuk menjaga kantor tetap aman,CCTV juga bisa digunakan sebagai memonitor pekerja sehingga produktivitas meningkat.
Lebih baru Lebih lama