Apa Itu Surge Arrester ?


 

PENGERTIAN SURGE ARRESTER 

Surge Arrestet adalah komponen yang berguna dalam instalasi listrik unutk melindungi peraltan elektorinik pada saat terjadi linjatan tegangan (over voltage).Over voltage terjadi antara lain akibat sambaran petir,korsleting atau lonjakan ketika penyalaan/switching.Lonjakan tegangan listrik ini bisa sangat berbahaya,dikarnakan tegangan listrik yang mengalir melebihi tegangan normal dapat merusak berbagai alat elektronik yang terhubung dalam satu jaringan listrik tersebut.

FUNGSI SURGE ARRESTER

Surge Arrestet merupakan alat yang memiliki fungsi yang sangat penting.Fungsi Surge Arrester digunakan unutk mengalirkan listrik ke tanah/grounding ketika terjadi tegangan transien.Tegangan transien merupakan lonjakan tegangan yang bisa disebabkan karena hubungan singkat,beban berlebih,korsleting dan sambaran petir.

PRINSIP KERJA SURGE ARRESTER

Prinsip kerja Surge Arrester adalah mengamankan  jaringan listrik dari bahaya lonjakan tegangan listrik yang terjadi tiba-tiba.Prinsip kerjanya tidak harus memutusakan jaringan dari listrik tersebut.

Misalnya,jika tiba-tiba ada lonjakan tegangan listrik,alat ini berfungsi untuk membuang tegangan listrik ke grounding sebagai saluran pembuangan.Grounding yang dimaksud merupakan pembuangan kearah tanah atau kebumi yang membuat lonjakan arus listrik tersebut kembali netral.

STRUKTUR SURGE ARRESTER

Surge Arrester merupakan alat pelindung yang memeliki dua lempengan logam yang didekatkan dengan material elektikum.Ada juga alat yang didekatkan tanpa material elektrikum.Lempengan logam pertama akan dihubungkan dijalur kabel yang akan diamankan.

JENIS-JENIS SURGE ARRESTER

Surge Arrester ini memeliki beberapa jenis dengan fungsi dan karakteristiknya masing-masing.
  • Arrester listrik
  • Arrester antena
  • Arrester data
Perbedaan fungsi dan kegunaan masing-masing Arrester terletak pada perbedaan jenis materialnya selanya,dimensi (ukuran) dan mutu atau kualitas dari material katoda yang digunakan.

CARA KERJA SURGE ARRESTER

Surge Arrester memiliki cara kerja yang kurang lebih hampir sama dengan penangkal petir.Yaitu jika tegangan listrik mengalir normal,arrester tidak bekerja.Alat ini hanya befungsi ketika ada lonjakan tegangan listrik besar yang terjadi tiba-tiba.

Ketika ada lonjakan tegangan arus listrik yang besar pada jaringan kabel listrik,sisi kutup anoda arrester akan langsung melepaskan lonjakan tegangan listrik ke arah katode yang terhubung dengan grounding.

Perpindah lonjakan tegangan listrik tergantung beberapa faktor yaitu,jarak Kekerengan Anoda dan katoda.Semakin besar atau panjang kerenggangan,maka akan semakin besar ambang tegangan buagnya.

CARA PEMASANGAN SURGE ARRESTER

Surge Arrester merupakan alat pelindung yang sangat berguna.Sehingga banyak dipasang diberbagai tempat,namun tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasagan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan yaitu: mempersiapkan tempat grounding yang memiliki nilai resistansi kurang dari 5 ohm.Surge Arreste dapat diletakan di dalam panel umata,tentunya dengan memperhatikan sistem pengaman.Ada dua jenis sistem pengaman yaitu:

1. Pengamanan Jalur Tunggal

Jenis pengaman ini hanya menggunakan satu kutup phasa saja (+)

2. Pengaman Jalur Ganda

Jenis pengaman ini memeliki dua buah jalur,yaitu jalus netral dan phasa.Pemasangannya bisa dilakukan dengan menghubungakn secara paralel arrtester dai kutub phase-ground dan kutup netral-grouund.Pada umum nya tiang suatu penangkal elektronik sudah di lengkapi pengaman teganggan.Sehingga pemasangan ini akan lebih memudahkan.

Surge Arrester merupakan alat peliindung yang sebaiknya dipasang oleh orang atau pekerja yang sudah ahli memasangnya,sehingga alat pelindung bisa terpasang dengan benar dan tepat.Setelah terpasang dan telah dipastikan berfungsi dengan baik,maka perlengkapan elektronik lainnya bisa di pasang.

APAKAH BISA SURGE ARRESTER DIGANTI SEKRING

Pertanyaan seperti ini suda banyak ditanyakan orang.Pada intinya Surge Arrester tidak mungkin digantikan dengan sekring.Mengapa demikian?

Hal ini dikarnakan sekring hanya berfungsi sebagai pembatasan arus listrik.Sekring tidak memeliki fungsi yang sama dengan surge arrester.Sekring tidak dapat digunakan untuk melindungi jaringan listrik dari lonjakan tegangan arus listrik,jadi jangan gunakan sekring sebagai ganti arrester karna keduanya memeliki fungsi yang berbeda.

Untuk kalian yang ingin memasang Surge Arrester tapi bingung mau beli yang jenis seperti apa.Langsung saja pesan Arrester Phoniex 3Pharse + F-MS bisa kamu dapatkan melalui marketplace kami di Tokopedia Visiotek Indoensia.

Punya rencana pasang penangkal petir unutk bangunan kamu?yuk hubungi @visiotek_indonesia.Kami menyediakan berbagai jenis produk tower dan jasa pemasangan.

Hubungi kami untuk pemesanan produk penangkal petir dan tower serta pemasangan di @visiotek_indonesia.Website www.pusatpetir.com
Lebih baru Lebih lama