Bagian-Bagian Tower Monopole

 



InfoVisiotek - Mungkin kalian pernah melihat sebuah tower yang kelihataanya hanya seperti pipa besi di pinggir jalan,tengah lapangan atau bahkan di perkebunan sekalipun,Tower yang mungkin kalian lihat tersebut adalah tower monopole atau kadang di sebut single pole.

Tower Monopole sendiri merupakan jenis tower yang berupa tiang tunggal atau memeliki satu kaki saja dengan menggunakan profil pipa.Penempatan monopole biasanya langsung di atas tanah (Greenfield). Monopole biasanya memeliki ketinggian kurang dari 30 m.Monopole terbuat dari Besi Pipa,berbentuk galir lurus (sebagaimana tiang biasa).Biasanya digunakan dengan ketinggian yang relatif pendek.Seperti tiang untuk kabel telpon,listrik,penangkal petir,cctv dan wireless antenna.Nah apa saja bagian-bagian Tower Monopole

1. Pipa Monopole

Pipa Monopole sendiri berfungsi sebagai dudukan atau tempat memasang seluruh bagian pada Tower Monopole,pipanya monopole memilik ukran,ketebalan dan diameter  yang berbeda-beda sesuai yang pesanan.Untuk jumlah dan ukuran pada lobang baut itu tergantun pada besar diameter pipanya,jika ukuran pipa semakin besar,lubang pada baut pun semakin banyak.

2. Flange

Flange sendiri berfungsi sebagai penyambung antara pipa satu dan pipa yang lainnya.Flange yang di pakai pada pipa ini adalah tipe slip on.Untuk banyaknya sirip flange juga mempengaruhi dari besaran diameter pipa itu sendiri.

3. Stiffner 

Stiffner berfungsi sebagai tambahan untuk penguat pada monopol agar pipa lebih stabil dan tetap lurus

4. Tangga Monopole 

Tangga Monopole berfungsi sebagai pijakan ke atas untuk para tim pemasang.Karena penangkal petir tidak langsung di pasang dari bawah.Untuk ukuran tangga monopole sendiri memeliki ukuran yang bermacam-macam.

5. Base Plate

Base plate ini merupakan tenaga utama dari tower monopole dimana berfungsi untuk menahan semua beban yang ada di monopole.Selain itu juga berfungsi sebagai dudukan (basis) dari Monopole.Sekaligus menjadi penghubung antara cakar ayam ( pondasi) dari pipa

Jangan lupa simak vidionya ya untuk penjelaasanya,agar lebih mudah dipahami.



Lebih baru Lebih lama