Bahaya Petir Bagi Alat Elektronika

 


MEMATIKAN PRANGKAT ELEKTRONIK APAKAH WAJIB KETIKA HUJAN MELANDA?

Nah sudah bukan rahasia umum lagi ketika sedang hujan deras melanda di tambah suara petir yang menggelegar kita wajib mematikan perangkat elektronik yang sedang di gunakan,bukan hanya perangkat elektronik yang digunakan di dalam dirumah saja yang wajib di matikan,perangkat elektronik yang bisa gunakan di luar rumah juga wajib kita matikan.Contohnya ketika kita sedang berkedara sepeda motor dan membawa handphone dalam kondisi menyala,lebih baik menepi sebentar untuk mematikan handphone terlebih dahulu,supaya tidak terjadi kejadian yang tidak di inginkan.

Larangan seperti itu bukan tanpa alasan,berikut merupakan penjelasan secara ilmiah apakah mematikan perangkat elektronik ada hubunganya dengan hujan dan petir.

1.Adanya lonjakan listrik ketika petir menyambar di dekat tiang listrik

Melansir dari CNET,Minggu(27/6/2021),menurut Departement of Homeland Security Dalam Negeri Amerika Serikat,sambaran petir listrik setempat bisa menyebabkan lonjakan listrik melalui saluran listrik,sehingga kita bisa mencabut perangkat elektronik.Biasanya stop kontak di amerika utara dirancang menggunakan daya 120 volt dan dapat menahan beban maksimal sehingga 169 volt.
Sementara itu,peralatan elektronik tidak dirancang untuk menahan banyak listrik sekaligus yang masuk melalui stopkontak sehingga bisa berakibat bisa merusaknya.

2.Bagaimana jika di rumahnya memeliki pelindung lonjakan arus.

Banyak orang berfikir bahwa memakai pelindung lonjakan arus itu dapat menyelamatkan elektronik mereka dari lonjakan daya akibat petir,Ternyata itu tidak,pelindung lonjakan arus dirancang untuk membantu mengurangi lonjakan listrik sebelum mencapai perangkat anda.Namun,itu tidak di rancang untuk melindungi lonjakan yang besar akibat sambaran petir.Pelindung lonjakan arus tidak bisa menjaga keamanan ruman jika tersambar petir.

3.Hindari mandi dan bahkan mencuci piring saat hujan petir

Dilansi dari Taste of Home,ada alasan ilmiah kenapa sebaiknya kamu menghindari penggunaan pipa ledeng saat terjadi badai petir.Misalnya mencuci piring,mandi atau mencuci tangan di sarankan untuk menunda sementara.

Menurut James Rawlings,dosen Fisika di Universitas Nottingham Trent,Mengatakan jika petir menyambar rumah,listrik akan mengikuti jalur yang paling tidak tahan terhadap tanah.Kabel logam atau air di dalam pipa dapat menyebabkan jalur konduktif yang nyaman bagi listrik untuk mengikuti ke tanah.Kamar mandi menyediakan kedua hal itu(air dan logam) ini menjadikan kamar mandi sebagai jalur yang ideal untuk di lewati listrik.

4.Biasakan lakukan ini saat hujan petir berlangsung 

Beberapa hal ini bisa mengurangi anda lakukan ketika sedang hujan dengan petir berlangsung.

1.Berlendung di dalam rumah,meski ini tidak sepenuhnya aman karena sepertiga dari cedera akibat sambaran petir terjadi di dalam ruangan.
2.Cabut stopkontak yang terhubung dengan perangkat-perangkat elektronik dan juga hindari barang barang elektronik,seperti tv,laptop,telfon kabel,mesin cuci dan lainnya yang terhubung dengan stop kontak.Lengkapi rumah dengan pelindung lonjakan arus listrik.
3.Hindari berdekatan dengan jendela,pintu,beranda dan beton.Saat hujan petir jangan berbaring di lantai beton atau bersandar di dinding beton,dikarnakan dapat berpotensi bahaya.





Lebih baru Lebih lama