Bahaya Tower Seluler Dekat Permukiman


JANGAN ANGGAP BIASA,INI DIA BAHAYA TOWER SELURER DEKAT PEMURKIMAN,TIDAK HANYA RESIKO RADIASI

Penting untuk kita mengetahui bahwa bahaya tower BTS/Seluler yang di bangun dekat pemurkiman rumah.Begitu pula kamu harus tau jarak aman pemurkiman dekat menara telekomunikasi,itu bisa menjadi alasan kamu ketika dalam waktu dekat akan membeli rumah.Hal tersebut perlu diperhatikan untuk keselamatan para penghuni rumah ke depannya.

Tak sedikit para penduduk merasa bahwa tower BTS dekat rumah bisa menimbulkan bahaya.Dikutip Perkominfo No. 02/2008,tower BTS atau menara telekomunikasi adalah bagunan yang di peruntuhkan untuk kepindang umum,dan dirikan diatas tanah atau banguna yang merupakan suatu kesatuan kontruksi.

SYARAT PENDIRIAN TOWER TELEKOMUNIKASI

1. Pembangunan tower telekomunikasi wajib mengurus IMB (izin mendirikan bangunan).

2. Permohonan IMB harus melampirkan persetujuan warga dalam radius dengan ketinggian menara.

3. Bangunan tower telekomunikasi memenuhi level batas radiasi yang di tetapkan WHO (4,5 watt/meter persegi untuk perangkat/menara yang menggunakan frekuensi 900 Mhz dan 9 watt/meter pesergi untuk menara/perangkat yang menggunakan frekuensi 1.800Mhz).

4. Dilengkapi sarana penangkal petir dan lainnya.

5. Spesifikasi struktur menara harus dibuat bedasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

5 BAHAYA TOWER SELULER DEKAT PEMURKIMAN


1. Berpotensi Roboh

Salah satu resiko yang paling bahaya tower seluler dekat rumah adalah roboh.Berita tentang tower ynag roboh memang jarang terdenganr,namun pernah terjadi di sebagian daerah di tanah air.Dikutip dari Detik News"Tower BTS di Pancoran Mas Roboh Timpa 2 Rumah Kontrakan".Ini membuktikan bahwa kontruksi bangunan tower telekomunikasi yang sudah sesuai standar tidak menutup kemungkinan roboh dan menimpa bangunan di sekitarnya.

Maka dari itu penting untuk tau dan memeperhitungkan jarak antara pemukiman dan tower telekomunikasi.Apabila tower telekomunikasi roboh,maka pihak yang bertanggung jawab dapat melihat dari aspek yang menyebabkan menara itu roboh,bisa dari kurang nya maintenace atau tidaknya standar dalam membangun menaranya.

2. Tersengat Listrik

Bahaya menara telekomunikasi dekat pemukiman adalah adanya tengangan listrik yang sangat besar.Perlu kamu tau arus listrik yang besar itu bisa beresiko tersengatnya listrik atau terjadinya korsleting aliran listrik dan mengakibatkan kebakaran.Itu membahayakan pada penduduk sekitar

3. Kebakaran

Salah satu resiko yang tinggi tower telekomunikasi dekat rumah selain tower yang roboh,ada satu resiko yaitu kebakaran.Tak jarang kita melihat berita bahwa adanya kebekaran pada menara telekomunikasi yang disebakan korsleting listrik.

4. Tersambar Petir

Pada umumnya sebuah menara tower telekomunikasi sudah dilengkapi dengan sarana penangkal petir.Hanya saja itu belum menjamin bahwa penduduk merasa aman dan nyaman,apalagi menara seluler kerap dianggap sebagai pemicu terjadinya sambaran petir saat turun hujan.Banyak spekulasi kalu tinggal di sekitar menara seluler beresiko terkena kanker,hal tersebut di akibatkan gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan menara telekomunikasi

5. Resiko Pada Kesehatan

Selama ini,informasi tentang bahaya menara telekomunikasi berbahaya untuk kesehatan manusia belum pasti.Rumor menyebutkan mereka yang tinggal di sekitar menara seluler sangat berbahay dan beresiko terkena kanker.Hal itu berakibatkan gelombang elektromagnetik yang di timbulkan menara telekomunikasi tersebut

Namun tidak ada kepastian lebih lanjut terkait resiko kesehatan yang ditimbulkan,bahkan disebutkan tidak berbahaya karena memancarkan elektromagnetik rendah.

JARAK AMAN MENARA TELEKOMUNIKASI DENGAN PERMUKIMAN

Lalu berapa jarak aman membangun menara telekomunikasi dengan area permukiman?

Bedasarkan ukuran jarak aman menara ukuran tinggi menara kurang dari 45 meter,misalnya memiliki standar jarak aman menara BTS dengan permukiman minimal 20 meter dan berjarak sepeluh meter dari area komersial dan 5 meter dari daerah industri

 

Lebih baru Lebih lama