Cara Aman Skun Kabel Listrik



 

sumber : www.google.com



Bagaimana Cara Memasang & Menyambung Kabel Skun Yang Baik Dan Benar?


Pada saat kita menggunakan kabel listrik,tentunya tidak terlepas dari proses sambung-menyambung kabel listrik.Baik itu menyabung antar kabel,ke terminal,ataupun ke yang lain.

Bagimana cara menyabung kabel?

Dalam hal menyambung kabel listrik ada beberapa cara yang dapat di lakukan diantarannya adalah:
1.Menyambung dengan menggunakan simpul
2.Menyambung dengan menggunakan solden dan timah
3.Menyambung dengan menggunakan skun(antara kabel dan terminal)
Metode-Metode penyambung yang telah di sebutkan tentunya memiliki beberapa kekurangan dan kelibihan masing masing.

Menyambung menggunakan simpul

sumber : www.google.com

Jika dilihat dari sisi kemudahan,menyambung kabel munggukana simpul adalah yang paling mudah dilakukan karena tidak memerlukan alat khusus,hanya dengan mengupas kulit kabel dan menyambungnya dengan cara memutar kedua kabel atau menggunakan simpul,kabel sudah tersambung.

Menyambung menggunakan solder dan timah

sumber : www.google.com

Jika ingin menyambung kabel dengan solder dan timah adalah pilihan yang tepat,dikarnakan jika dilihat dari sigi kekuatan sambungan tentunya akan membunat sambungan bersifat permanent dan kuat

Menyambung menggunakan skun

sumber : www.google.com

Jika kalian ingin membuat sambungan yang hanya semi permanent tetapi kuliatasnya tetap kuat maka menyambung dengan cara skun merupakan cara yang sangat bagus.

Menggunakan Tang Long Nose


sumber : www.google.com

 

Cara ini adalah yang paling mudah karena too-nya mudah di temukan dan harganya tidakterlalu mahal. Caranya cukup mudah, kalian tinggal mengupas kabel dan menempatkan pada skun lalu menguncinya dengan Tang Long Nose ini dan jangan lupa untuk mengecek kekuatan sambungan dengan cara menariknya.

Namun yang perlu di perhatikan jika kalian menggunakan tang ini adalah sering kali mengunci kabel pada skun tidak ter-crimp atau terpasang dengan baik sehingga kabel mudah lepas dari skunnya sehingga cukup sulit untuk membuat penguncian yang bagus.

Jadi pastikan kalian menguncinya dengan cukup baik sehingga menghasilkan sambungan kabel dan skun yang kuat.

Menggunakan Crimping Tool


Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan Crimping Tool. Namun tools ini selain harganya cukup mahal, jenisnya pun bermacam-macam sesuai dengan bentuk skun kabelyang digunakan. Meskipun ada Crimper yang universa, tetapi untuk pemakaiannya tetap terbatas untuk jenis skun tertentu.

Jadi jika kalian ingin menggunakan crimping tool ini maka sesuaikan dengan skun yang kalian gunaka. Tentunya crimping tool ini akan menghasilkan sambungan dan penguncian yang sangat kuat dan rapih.

Menggunakan Solder Timah


Terakhir, jika kalian menginginkan sambungan yang kuat pada skun, maka solder dan timah dapat memberikan hasil tersebut. Namun menggunakan solder dan timah akan cukup sulit pada jenis skun tertentu, seperti pada kabel skun yang memiliki insulator akan meleleh jika dipanaskan.

Selain itu, dimana pengguna timah yang terlalu banyak juga akan membuat skun tidak dapat terpasang dengan baik pada terminal atau skun lain karena terhalang oleh timah, sehinggapastikan kalian menggunakan timah secukupnya.

Telp : (021) 8895 8318
Whatsapp : 0813-1111-2028 / 0812-8383-1134 / 0813-1111-8318 / 0813-1111-6318
Email : visiotekindonesia@gmail.com
Kunjungi Website & Sosial Media di :
Website
Sosial Media
Marketplace
------------
PT. Visiotek Global Indonesia
Jl. Pangeran Jayakarta No. 65 RT.005/001
Kel. Harapan Mulya, Kec. Medan Satria,Kota Bekasi

Lebih baru Lebih lama