Berapa Tahanan Pentanahan Maksimal Susuai Puil


BERAPA KIRA KIRA TAHANAN PEMBUMIAN MAKSIMAL SESUAI PUIL ?

Sistem pembumian yang kurang baik dapat mengakibatkan arus bocor tidak dapat disalurkan secara maksimal kembali ke bumi sehingga menimbulkan resiko keamanan dalam hal penggunaan peralatan listrik. Pembumian menurut Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2000) adalah penghubungan suatu titik sirkit listrik atau suatu penghantar yang bukan bagian dari sirkit listrik, dengan bumi menurut cara tertentu dan Nilai tahanan pembumian yang dipersyaratkan dalam PUIL 2000 adalah 5 Ω.

Tingkat kehandalan sebuah grounding ada dinilai konduktivitas logam terhadap tanah yang ditancapinya. Semakin konduktif tanah terhadap benda logam maka semakin baik. Kelayakan grounding harus bisa mendapatkan nilai tahanan sebaran maksimal 5 ohm (PUIL 2000) dengan menggunakan earth grounding tester.

Berapa Nilai Tahanan Tanah Yang Dianjurkan Sesuai Puil Untuk Grounding

Kelayakan grounding harus bisa mendapatkan nilai tahanan sebaran maksimal 5 ohm(PUIL 2000 : 68) dengan menggunakan earth ground tester.Namun begitu,untuk daerah yang resistans jenis tanahnya sangat tinggi,resistanspembumian total seluruh sistem boleh mencapai 10 ohm(PUIL 200 : 68)

Berapa besar tahanan tanah yang baik?

Idealnya suatu grounding(pentahanan)besar tahanannya nol ohm.Tidak ada satu standar mengenai ambang batas nilai tahanan grounding yang harus diikuti oleh semua badan.Tetapi badan NFPA dan IEEE telah merekomendasikan nilai tahanan grounding lebih kecil atau sama dengan 5 Ohm



Lebih baru Lebih lama