Deretan Fakta & Mitos Tentang Petir

 


MENGUPAS TUNTAS MITOS & FAKTA TENTANG PETIR

Petir merupakan fenomena alam yang menakjubkan namun juga menakutkan,biasanya fenomena petir ini bisa terjadi saat hujan turun dan akan muncul berupa kilatan cahaya dan suara gemuruh.Yang berbahaya dari petir sendiri adalah kemampuannya yang dapat menyambar benda di sekitar termasuk manusia.

Banyak dari kita mengira bahwa petir sangat menyeramkan dan menakutkan apalagi bagi sesorang yang memeliki phobia terhadap petir,itu menjadi momok yang menakutkan bagi mereka.Ditambah banyak mitos-mitos yang bereda tentang petir yang sering muncul pada saat hujan.Apa saja mitos-mitos & fakta pada petir?

1. PETIR TERJADI DI SAAT HUJAN SAJA

Mitos : Kita semua sudah percaya bahwa petir akan terjadi di saat turun hujan,terutama hujan lebat.Karena itu banyak orang saat hujan lebat selalu waspada takut adanya sambaran petir.
Fakta : Memang petir sering terjadi di saat turun hujan,tapi tidak selalu.Tanpa adanya hujan pun petir bisa saja terjadi,sama seperti terjadinya hujan di saat langit saat cerah.Petir pun bisa terjadi tanpa adanya hujan

2. PETIR AKAN MENYAMBAR TEMPAT YANG TINGGI


Mitos : Banyak orang percaya bahwa petir menyambar benda-benda yang berada di dekatnya.Salah satunya adalah tempat yang tinggi,karena jarak petir ke tempat yang tinggi begitu dekat.
Fakta : Memang petir bisa menyambar tempat-tempat yang tinggi,tapi tidak selalu benar.Petir bisa juga menyambar tempat yang lebih rendah,misalnya saja petir bisa menyambar yang tidak setinggi gedung bertingkat.bahkan petir juga bisa menyambar tanah.

3. BERLINDUNG DI BAWAH POHON SAAT TERJADI HUJAN


Mitos : Saat kamu sedang berada di luar dan terjadi hujan lebat,kamu pasti akan mencari tempat untuk berteduh.Salah satu tempat yang darurat yang sering digunakan area berteduh adalah di bawah pohon.Banyak orang beranggapan bahwa berteduh di bawah pohon akan aman karena dauh pada pohon dapat melindungi dari hujan bahkan petir.
Fakta : Walaupun berteduh di bawah pohon dapat membuat kita tidak terlalu basah,tetapi nyatanya kita akan tetap bisa terkena sambaran petir juga.Sebuah penelitian menyatakan bahwa penyebab manusia tersambar petir terbanyak kedua di dunia adalah berteduh di bawah pohon.

4. PETIR TIDAK AKAN MENYAMBAR KE DALAM RUMAH


Mitos : Banyak dari kita beranggapan bahwa saat terjadi hujan lebat.Kita akan tetap aman jika berada di dalam rumah karena petir tidak akan bisa menyambar benda-benda di dalam rumah
Fakta : Memang saat terjadihujan lebit,petir tidak akan menyambar benda-benda di dalam rumah.Tapi mesti kalian ingat itu hanya benda-benda yang tidak menghantarkan listrik.Benda seperti elektronik seperti tv,kulkas,komputer tetap bisa tersambar petir jika aliran listrik masih menyala. 

5. JANGAN MEMAKAI BAJU MERAH JIKA TIDAK INGIN TERSAMBAR PETIR


Mitos : Ini merupakan mitos unik yang beredar di masyarakat.Orang yang memakai baju merah akan lebih mudah untuk tersambar piter.Mitos ini banyak di percaya oleh banyak orang
Fakta : Sebuah penelitian menyatakan bahwa warna baju tidak akan mempengaruhi kita akan tersambar petir atau tidak,termasuk baju warna merah.Karena baju bersifat isolator yang artinya tidak apat menghantarkan arus listrik

jangan lupa simak vidionya ya..



Lebih baru Lebih lama