Jenis-Jenis Klem & Kegunaannya

 



10 Jenis Klem dan Kegunannya

Klem kabel atau sering di sebut penjepit kabel merupakan sebuah fitting logam yang berfungsi untuk menggabungkan kabel.Klem kabel ini biasanya terbuat dari logam atau tembaga.Benda ini juga memeliki bentuk dan jenis yang berbeda menyesuaikan ukuran dan bentuk pada kabel.Berikut merupakan jenis kle kabel sesuai ukuran dan bentuk.

Klem Unbolt Tembaga



Klem Unbolt Tembaga ini diperlukan untuk menghubungkan Kabel dari Terminal Grounding dengan Grounding Rod instalasi Parallel yang dapat disesuaikan dengan ukuran kabel dan Grounding Rod atau Earth Rod.Terbuat dari tembaga yang dapat memaksimalkan daya hantar dan dikombinasikan dengan ubolt yang terbuat dari stainless stell.Mengakomodir kabel ukuran 95 mm dan Copper Rod maksimal 3/4 inch atau Kabel 70 mm dengan Copper Rod i inch.

Klem Type R




Yang kedua ada klem Type R,Klem ini terbuat dari kuningan lapis tembaga dan digunakan untuk penjepit batang rod.Klem ini juga memeliki ukuran yang bervariasi contohnya Klem Type R 3/4 dan Klem Type R5/8

Klem Cincin


Klem ini memeliki bentuk melingkar seperti cincin oval.Klem Type Cincin berbentuk oval ini diperlukan untuk menghubungkan kabel dari terminal grounding dengan grounding rod.Biasa diaplikasikan untuk sistem grounding pada penangkal petir dan grounding listrik pada rumah tinggal,perkantoran,gedung bertingkat,pembangkit listrik serta area tambang.Material yang terbuat dari kuningan dan dilapisi dengan tembaga membuat klem ini menjadi konduktor yang baik dan bertahan lebih lama pada sistem pembumian dibanding dengan menggunakan besi.

Klem Unimax


Klem Unimax 120-150 mm ini terbuat dari kuningan di lapisan tembaga dan biasa diaplikkasikan pada sistem pembumian (grounding) sebagai penjepit kabel dengan Rod atau kabel dengan kabel dengan ukuran kabel bervariasi mulai dari ukuran 70.35,120,150, sampai dengan 185 mm.Penggunaan Klem Unimax ini untuk koneksi sederhana,dapat disesuaikan ke satu atau lebih konduktor arde.

Klem Kabel Parallel


Klem ini difungsikan sebagai penjepit kabel posisi sejajar antar kabel grounding,.Bisa diaplikasikan untuk penjepit antara kabel grounding dengan strik rod.Klem kabel paralel terbuat dari kuningan yang dilapis tembaga untuk memberikan konektifitas yang baik.Klem ini memeliki ukuran kurang lebih 4 cm dan dapat mengikat kabel dengan ukuran sebesar 50 mm sehingga 240 mm.

Klem Kabel 1 Jalur / Single Clamp


Klem ini terbuat dari kuningan dilapisi dengan tembaga dan memeliki ukuran kurang lebih sebesar 4,5 cm.Namun klem ini mampu menjepit kabel berdiameter 50 mm2 sampai dengan 150 mm2.

Klem Kabel Feeder


Klem Kabel Feeder berfungsi untuk mengikat kabel feeder ke tiang tower outdoor atau indoor,sebagai alat pencengkeram atau penjepit kabel ditower BTS,untuk mengikat kabel feeder ke plafon atau dinding supaya tidak terlepas.Klem Feeder yang banyak dipasaran mulai dari ukuran : 1/4, 3/8, 1/2, 5/8, 7/8, 11/4, dan 15/8.

Klem C Kabel


C-clamp terbuat dari kuningan lapis baja,dengan kualitas sangat baik.C-clamp dipergunakan untuk menyambung dua buah kabel atau kabel dengan stik rod c.Clamp terbuat dari kuningan lapis tembaga sehingga menjadi konduktor yang sangat baik,tahan terhadap karat dan instalasi yang mudah murah.

Klem Kuku Macan


Klem Kuku Macan seperti namanya klem ini memeliki bentuk seperti kuku macan dan berfungsi sebagai pengikat,penjepit kabel ke kabel,kabel ke ground stick rod.Klem ini banyak digunakan diproyek 2 telekomunikasi dalam sistem penangkal petir dan grounding.Klem ini biasanya terbuat dari kuningan.

Klem TAL


Klem ini berbentuk huruf T dan memeliki lubang di tengah yang berfungsi untuk penggikat kabel.Klem ini digunakan untuk menjepit kabel BC agar tidak retan goyah saat tersentuh.Selain itu,klem ini juga terbuat dari alumunium sehingga tidak mudah berkarat.

Nah mungkin itu saja dari jenis klem kabel yang bisa digunakan agar kabel kamu tetap seimbang dan tetap berada pada tempatnya.Sehingga dengan begitu dapat mencegah kabel kamu dari kerusakan
Lebih baru Lebih lama