Komponen Penting Pada Sistem Grounding


5 KOMPONEN PENTING SISTEM GROUNDING

Sistem grounding sendiri memeliki fungsi yang sangat baik untuk manusia,bukan tampa alasan mengapa disebut demikian,dikarnakan fungsinya untuk penyelamatan yaitu,sebagai penghantar arus lisrik ke bumi atau pada saaat terjadi kebocoran listrik,sehinggia tidak menimbulkan bahaya seperti.kesetrum,korsleting bahkan kebakaran sekali pun.Maka dari itu kalian harus paham apa saja komponen penting ketika ingin memasang sistem grounding.Karena kinerja sistem grounding ditentukan oleh 5 komponen yang semuanya sama pentingnya.Simak artikel kali ini untuk lebih tau apa saja komponen penting dan penjelasanya pada sistem grounding.

1.Konduktor Elektroda Grounding
Biasanya terbuat dari tembaga atau baja berikat tembaga,konduktor elektroda grounding harus cukup besar untuk menahan arus ganguan maksimum yang tersedia selama waktu pembersihan maksimum.

2.Koneksi Grounding
Sering diabaikan,koneksi grounding digunakan untuk mengikat elemen elemen-elemen sistem elektroda bersama-sama.Koneksi yang dilas secara eksotermik memberikan ikatan molekul yang tidak akan pernah kendur atau terkorosi,Konektor mekasnis seperti jenis crimp,baut,dan irisan,bergantung pada kontak permukaan titik-ke-titik fisik untuk menjaga integritas koneksi listrik.

3.Elektroda Grounding
Elektroda grounding menyediakan koneksi ke fisik tanah dan merupakan instrumen yang digunakan untuk membuang arus kedalamnya.Ada dua jenis elektroda utama.
1. Elektroda "Natural"adalah intrinsik untuk fasilitas dan termasuk pipa air bawah tanah logam,rangka logam bangunan secara efektif di ground,dan tulang-tulang pada pondasi beton.
2. Elektroda "Buatan"adalah elektroda yang dipasang secara khusu untuk meningkatkan kinerja sistem tanah dan termasuk jerat kawat,pelat logam,konduktor tembaga yang terkubur dan batang atau pipa yang digerakan ke tanah.Batang tanah adalah elektroda yang paling bnyak di gunakan.

4.Elektroda Ketahan Tanah
Jumlah permukaan tongkat grounding atau arde dan pergantian tongkat adalah faktor pengendali.Pengendalian diameter mengurangi resistensi hanya 10% dan tidak hemat biaya.

5.Tanah
Resistivitas tanah,diukur dalam ohm-sentimeter atau ohm-meter,memakin peran penting dalam menentukan kinerja keseluruhan sistem grounding dan harus diketahui sebelum sistem grounding yang dapat di rekayasa.Mengukur resisvitas tanah memunkinkan ahli desain untuk menemukan area dengan tanah paling konduktif dan untuk menentukan kedalaman tanah kondusif sehingga elektroda dapat ditempatkan dengat tepat.
Sistem grounding akan membawa arus yang sedikit atau tidak ada untuk jangan waktu yang lama sampai terjadi gangguan atau sambaran petir terjadi,pada saat itu komponen grounding akan diharapkan berkinerja seperti baru sambil mealukan banyak arus.Sebagian besar sistem grounding disembunyikan di bawah tanah,membuat inspeksi komponen grounding menjadi sulit atau tidak mungkin.Lingkungan bawah tanah sangat keras,pemelihan awal komponen yang digunakan dalam sistem grounding sangat penting untuk efektivitas jangka panjang.

Nah jika kalian sudah tau apa saja komponen penting pada grounding sistem dan penjelasaanya,kalian juga harus tau juga nih apa si perbedaanya elektroda naturan dan elektroda buatan,jika tadi diatas sudah di jelaskan maka sekarang adalah perbedaan nya.Perbedaan Elektroda 'Naturan' & Elektoda 'Buatan'.

Elektroda grounding merupakan komponen penting pada grounding sistem.Banyak jenis elektroda yang tersedia sekarang,ada yang elektroda alami dan elektroda buatan.Jenis alami termasuk pipa air bawa tanah logam,rangka logam bangunan,kawat tembaga atau tulangan pada pondasi beton atau struktur atau sistem bawah tanah.Pertimbangan harus diberikan pada pengikat bumi alami untuk memastikan kesinambungan listrik dengan tanah
Elektorda Buatan memang di pasang untuk meningkatkan sistem grounding,sistem ini idealnya harus menembus ke tingkat kelembapan di bawah permukaan tanah untuk mengurangi resistensi

KESIMPULAN 
Memasang sistem grounding sangat penting,tidaklah mahal untuk membangun sistem tanah yang sesuai selama konstruksi awal suatu fasilitas,tetapi bisa sangat mahal untuk menambahnya,meningkatkannya atau mengantinya setelah fasilitas tersebut selesai

Nah jika kalian masih bingung untuk instalasi sistem grounding,Penangkal Petir & tower bisa hubungi website kami di www.visiotek.co.id
 



 

Lebih baru Lebih lama