Langkah-langkah Las Exothermic

 

TUTORIAL PENEGELASAN DENGAN EXOTHERMIC WELDING

Sistem Pengelesan Exothermic merupakan proses pengelasan untuk membuat sambungan listrik dari tembaga dengan tembaga atau tembaga ke baja dengan menggunakan bahan campuran tembaga yang dicairkan dengan panas yang tinggi untuk menggabungkan kedua konduktor atau lebih secara permanent.Pengelasan jenis ini merupakan bentuk lain dari beberapa jenis pengelasan yang mempunyai ketahan korosi yang sangat baik dan juga memberikan kestabilan yang bagus pada arus listrik.

Dalam proses Pengelesan Exothermic ini bubuk butiran metalik (weld metal powder) ditempatkan ke dalam cetakan tahan panas dan dinyalakan.Proses pengapian partikel (reaksi eksothermik) menciptakan panas tinggi lebih dari 1400 C dan menghasilkan logam cair murni.Logam cair tersebut kemudian dialirkan ke rongga cetakan untuk mengisi setiap ruang yang tersedia dan menyelesaikan proses pengelaan.Hasil las tersebut harus dibiarkan dingin dan mengeras.Cetakan dilepas dan siap unutk pengelasan berikutnya.Hebatnya,seluruh proses pengelasan Exothermic ini hanya memekan waktu beberapa detik saja.

Jika kalian sudah mengetahui penjelasan dari Las Exothermic,maka selanjutnya merupakan langkah-langah dalam Las Exothermic:

Langkah 1 - Tentukan dan buat dahulu lubang unutk penempatan grounding rod (Batang Grounding).
Langkah 2 - Masukan Groundin Rod ke lubang yang telah di gali.Jangan di masukan terlalu dalam jika masih belum tersambung dengan kabel penurunan.Masukan air kedalam lubang yang sudah digali,supaya melunakan tanah agar grounding rod masuk lebih mudah.
Langkah 3 - Persiapan dan kupas kabel penurunan petir.Dalam pemasangan di vidio ini.Menggunakan kabel NYA dengan diameter 50 mm.
Langkah 4 - Gunakan Handle Clamp (Tang Moulding) untuk menjepit kabel dan Grounding Rod.Pastikan antara penempatan kabel dan Grounding Rod menempel,sehingga mendapatkan hasil las yang sempurna.Berikan tambahan Clamp untuk menjepit Graphite Moulding agar lebih rapat ketika pembakaran.
Langkah 5 - Masukan bubuk Las Exothermic (Sunlightweld) ke dalam Grephite Moulding hingga semuanya tertutup untuk mendapatkan hasil pembakaran yang maksimal.
Langkah 6 - Bakar bubuk las menggunakan Flame Gun.Bubuk las sangat sensitif terhadap api.Maka sebisa mungkin tanga kita jangan terlalu dekat dengan Graphite.Pastikan Grounding Rod dalam keadaan kering.Karna jika tidak dapat menyebabkan percikan yang berlebihan atau bahkan ledakan.Jika Grounding Rod basah atau lembab,Maka wajib untuk dikaringkan dulu.Salah satunya dengan menggunakan Flame Gun.

Jangan lupa bersihkan Graphite Mouldingnya supaya pemakian berikutnya tidak ada kendala.Dibakar supaya Rodnya tidak lembam atau basah.

Janga lupa simak vidionya agar penjelasanya mudah dipahami



Lebih baru Lebih lama