Mengenal Earth Tester Lebih Jauh


PENGERTIAN,JENIS-JENIS,BAGIAN BAGIAN EARTH TESTER & CARA PENGGUNAAN EART TESTER

Earth Tester sendiri adalah alat yang mempunya tugas untuk mengukur tanah,yaitu mengukur hambatan pada tanah,sebelum memasang grounding pada rangkaian.
Earth Tester sendiri memliki penjelasan sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengetahui nilai resistansi atau hambatan tanah,dimana hambatan pada tanah perlu di ketahui sebagai besar sebelum melakukan grounding atau pentanahan pada sistem rakaian.Pada sebuah rangaian listrik di perlukan sebuah pemasangan pembumian atau grounding yang berfungsi untuk pengaman keselamatan atau proteksi terhadap tengangan kejut,kebocoran arus listrik yang dapat menyebabkan konsleting dan membahayakan manusia.Namun pada dasarnya Earth Tester memiliki beberapa jenis.

Jenis - Jenis Earth Tester

Earth Tester memilik 2 jenis yaitu Earth Tester analog dan Earth Tester digital,keduanya memeliki kekurangannya masing masing,mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan Earth Tester analog dan Earth Tester digital.

Earth Tester Analog

Earth Tester analog merupakan jenis earth tester yang jauh lebih dulu muncul dipasaran dibandingkan earth tester digital,earth tester analog sendiri sempat populer dikarnakan harga yang murah dan perwatan yang gampang,di bandingkan eart tester diginal yang memilik harga mahal dan perawatan yang susah.Pada eart tester analog memeliki kekurangan yaitu ketika hasil dari pengukuran tanah merupakan hasil apa adanya tanah tanpa pengolahan lebih lanjut,dan kesensifitasnya kurang serta sering kali terjadi kesalahan dalam membaca nilali resistansi dari tanah.

Earth Tester Digital

Eart Tester digital ini memliki sedikit perbedaan pada saat kita melihat hasil pengukuran,earth tester digital hasil ukurannya di tampilkan secara digital atau terdapat LCD pengukur,sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalah dalam pembacaan hasil pengukuran tanah.Pada jenis eart tester digital ini memiliki kekurangan yaitu harga dari eart tester digital yang mahal dan memerlukan perawatan yang khusus serta sensitifitas pada pengukuran bergantung pada ic pengolah pembacaan,namun di satu sisi seperti mudahnya pengukuran dan lebih mudah digunakan.
ketika membeli Eearth Tester digital ketika membeli sebaiknya pilih sesuai kualitas dan mutu sekalipun,mesikipun harga yang mahal dibandingkan dengan earth tester jenis lain. 

Nah jika kalian sudah tau apa pengertian dari Earth Tester dan jenis-jenis Earth Tester,kalian juga harus tau ada bagian bagian apa saja di Earth Tester itu bertujuan agar tidak ada kesalahan dalam penggunaannya dan bisa memperkecil kemungkinana buruk yang terjadi,mari simak penjelasannya sebagai  berikut.

Bagian-Bagian Earth Tester

1. Tombol Tes merupakan tombol yang digunakan untuk memulai pengukuran,ketika semua alat sudah terpasang pada tempatnya,kita hanya perlu menekan tombol tes berwarna merah untuk memulai pengukuran.
2. Lampu Indikator merupakan bagian yang di gunakan sebagai indikator mengenai earth tester yang menandakan earth tester sedang bekerja dan tidak ada kendala,jika earth tester bekerja maka lampu indikatornya akan hidup.
3.Jarum Pengukuran merupakan petunujuk besaran dari hasil pengukuran yang di lakukan,hasil akan di tunjukan pada jarum namun jika kalian menggunakan earth tester digital kalian harus memperhatikan sudut pandangnya agar tidak terjadi kesalahan pembacaan.
4.Elektroda Earth merupakan bagian yang digunakan untuk memasang elektroda bagian earth atau bumi
5.Elektroda Potensial merupakan bagian yang digunakan sebagai colokan untuk kabel pengukuran potensial atau tegangan.
6.Elektroda Current merupakan bagian yang digunakan sebagai colokan untuk elektroda atau kabel yang digunakan untuk mengkur current atau arus
7.Kalibrasi Jarum Nol digunakan untuk mengkalibrasi jarum petunjuk besar pengukuran dimana setiap pengukur perlu dilakukan pengkalibrasian agar jarum pada nilai 0 dan pengukuran didapat akurat
8.Selector Pengukuran menu ini digunakan untuk memelih jenis pengukuran pada earth tester,kita hanya perlu memutar selector ke jenis pengukuran yang diinginkan

CARA PENGGUNAAN EART TESTER

Langkah 1 - Kabel merah pada eart tester berfungsi sebagai pengukur tahanan pada tanah atau di sebut Tes Leads Cable.Kabel di ulur sejauh 10 meter dari arde yang akan di ulur.

Langkah 2 - Kabel kunging berfungsi untuk mengalirkan tegangan ke tanah sehingga bisa terukur oleh kabel merah.Jarak antara kabel merah dan kabel kuning tidak kurang dari 5 meter.

Langkah 3 - Dan yang terakhir pasangkan kabel hijau pada arde yang akan di ukur tahananya.Kabel hijau biasa di sebut Elektroda Earth.

Langkah 4 - Lepaskan kunci tombol pengetesan dengan cara di putar ke kanan.Kemudian pilih skala yang di inginkan ketika mengukur.Skala ukur mulai dari 1/20 Ohm sampai 1/2000 Ohm.

Nilai tahanan pembumian menurut persyaratan umum instalasi listrik (puil 2000) adalah kurang dari 5 Ohm.Jika nilai berada di bawah 5 Ohm maka hasil pembumian dikatagorikan baik.

Note : Semua port yang ada di testernya sudah sesuai dengan warna kabelnya,jadinya tinggal di colok sesuai warnanya 

Jangan lupa simak vidionya,agar penjelasan lebih mudah di pahami


Nah artikel di atas merupakan tentang point point yang harus kita pahami Eeart Tester.
Sedikit penjelasan untuk Grounding  KYORITSU 4105A yang ada di foto tamnel di atas merupakan jenis Earth Digital yang telah terbukti di dunia internasional,walaupun banyak pula pesaing produsen alat ukur namun posisinya sampai saat ini tidak tergantikan.Nah Grounding Tester KYORITSU 4105A,bisa kalian dapatkan di marketplace TOKOPEDIA 'Visiotek Indonesia' atau bisa kunjungi website kami di www.pusatantipetir.com




    



 

Lebih baru Lebih lama