Pengertian Galvanis dan Manfaatnya

 


Pengertian Galvanis & Galvalisasi

Galvanis merupakan material seng dengan tingkat konsentrasi kemurnian tinggi yaitu 99,7%.Material ini digunakan untuk melapisi besi,baja ringan dan baja murni sehingga akan terlindungi adanya korosi berkarat.Pelapisan baja dan bisa dengan lapisan seng diproses kondisi bebas oksidasi sehingga akan menghasilkan baja atu besi lapis seng dengan kualitas yang handal.Material ini sangat cocok digunakan di lingkunagan outdoor,karena dapat bertahan dalam beberapa kondisi lingkungan sekitar.

Sedangkan Galvalisasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melindungi logam dari korosi,ini disebut bagian dari pengaplikasian lapisan tipis seng pada logam dasar yang lebih tebal,serta membantu melindungi dari lingkungan yang dapat menimbulkan karat.

Beberapa cara proses galvanisasi dalam melindungi logam,antara lain :
  • Menciptakan lapisan pelindung yang dapat melindungi logam dari lingkungan sekitarnya.
  • Lapisan seng dapat mencegah air serta kelembaban dan elemen lain di udara dari korosi baja di bawahnya.
  • Apabila lapisan seng tergotes cukup dalam,maka logam akan menjadi terbuka dan rentan terhadap korosi
Galvanisasi juga melindungi logam melalui proses yang dinamakan korosi galvanik.Korosi tersebut terjadi apabila dua logam dari susunan elektrokimia yang berbeda ditempatkan saling kontak dengan eketrolit yang ada,misalnya air asin.

Jenis-Jenis Metode Galvanis :

Metode galvanis merupakan metode yang digunakan dalam proses pelapisan logam dengan galvalis,sehingga logam tersebut mempunyai sifat yang anti karat.Saat logam direndam dengan cairan seng akan terjadi reaaksi metalurgi dimana kondisi permukaan dan temperature cairan seng akan mempengaruhi ketebalan hasil galvalis.Ada 3 metode yang dilakukan pada proses Galvanisasi yaitu :

  • Hot-Dip Galvaniizng (HDG)
Metode yang pertama ini dilakukan dengan cara merendam (galvanizing) logam dasar ke dalam kolam seng.Logam dasar harus dibersihkan terlebih dahulu.Hal ini bertujuan agar ikutan kualitas yang dibuat antara logam dasar dan lapisan seng bisa benar-benar menyatu.Selama tahap perendaman,cairan yang sepenuhnya akan melapisi logam pada permukaan terluarnya.Penggunaan larutan cairan seng untuk melapisi seng untuk melapisi seng minimal 98% murni unsur seng.Proses galvanizing dilakukan pada suhu tinggi berkisan 440-460 derajat celcius yang bertujuan untuk menghilangkannya dari sisa oksida yang bisa saja tersisa walaupun sudah dibersihkan.Perendaman sendiri akan berlangsung sekitar lebih kurang 2 menit.Selanjutnya akan dilakukan tahap pendinginan (quenching). Logam galvanis tadi kembali direndam tapi ke dalam larutan sodium cromate (konsentrasi 0,015%) dalam suhu ruangan atau menggunakan air.Hal ini bertujuan untuk mencegah karat putih(White rust).

Proses terakhir adalah finishing,yang merupakan prosess menghaluskan permukaan pipa logam yang runcing.Runcing terjadi karena mengeringnya cairan seng yang mau menetes pada permukaan pipa logam.

Keunggulan dari metode ini adalah
  • Harga terjangkau
  • Prosessnya cenderung cepat
Proses pelapisan dengan menggunakan metode Hot Dip Galvanzing dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu :

    1. Tahap Persiapan Atau Pre-treatment

Fungsi tahap persiapan yaitu untuk menghilangkan basa atau asam yang merupakan bahan pengotor yang menempel pada spesimen.Hal ini agar didapat kondisi permukaan yang bersih serta didapatkan hasil lapisan yang baik.
Proses pembersihan permukaan dapat dilakukan sesuai dengan jenis pengotor yang menempel pada permukaan specimen.Proses pembersihan sendiri juga dibagi menjadi dua yaitu :

a. Proses pembersihan secara fisik atau mekanik.Pembershian ini berupa pengamplasan dengan menggunakan mesin gerinda,yang dapat menghaluskan permukaan tidak rata dan penghilang goresan-goresan serta beram-beram yang menempel pada permukaan specimen.
b. Proses pembersian secara kimiawi.Proses ini merupakan proses pembersihan pengotor yang menempel pada permukaan specimen dengan menggunakan bahan-bahan kimia.Proses pembersihan ini meliputi banyak tahapan seperti :
  • Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran,lemak,minyak,cat dan kotoran padat lainnya yang menempel pada permukaa spesimen.Dengan menggunakan Larutan NaOh dengan konsentrasi 5%-10% selama kurang lebih 10 menit
  • Rising I,proses ini bertujuan memberikan soda kaustik pada proses degreasing yang masih menempel pada permukaan spesimen denga menggunakan air bersi pada temperature kamar.
  • Bertujuan untuk menghilangkan karat yang melekat pada permukaan spesimen dengan dicelupkan ke dalamlarutan HCI  konsentrasi 10&-15% selama 15-20 menit.
  • Rising II,proses ini bertujuan untuk membersihkan larutan HCI atau H2SO4 yang menempel pada spesimien saat proses pickling dengan menggunakan air bersih pada temperature kamar.
  • Merupakan proses pelapisan awal menggunakan Zinc Amonium Cloride dengan konsentrasi 20%-30% selama 5-8 menit.
  • Merupakan proses pengeringan dan pemanasan awal dengan menggunakan gas panas pada suhu kurang lebih 1500c.Tujuannya adalah untuk menghilangkan cairan yang mungkin terdapat pada permukaan spesimen yang menyebabkan terjadinya ledakan uap saat proses galvanzing berlangsung.

    2. Tahap Pencelupan

Selama proses berlangsung cairan seng akan melapisi baja dengan membentuk lapisan baja seng.Kemudian terbentuk lapisan yang berupa unsur seng pada permukaan terluar baja,larutan yang digunakan minimal 98% murni unsur seng.Ketebalan lapisan akan dipengaruhi oleh kondisi permukaan,lamannya pencelupan dan temperature pencelupan.

    3. Tahap Pendingin Dan Tahap Akhir

a. Tahap pendingan atau quenching.Adalah tahapan yang dilakukan dengan mencelupkan spesimen ke dalam larutan sodium cromote dengan konsentrasi 0,015% pada suhu kamar maupun dengan menggunakan air.Proses ini bertujuan untuk mencegah terjadinya white rust.
b. Tahap akhir atau finishing.Proses pelapisan berupa menghaluskan permukaan yang runcing disebabkan oleh cairan seng yang hendak menetes,tetapi telah mengering telebih dahulu.
  • Pra-Galvanisasi
Metode kedua ini biasanya diproses pada pabrik baja dan pada lembaran logam bergulir.Logam yang sudah terbentuk dibersihkan seperti metode galvanis hot-pip.Selanjutnya,logam akan melewati kolam larutan seng cair yang panas dan logam akan ditarik kembali.

Keunggulan dari metodi ini adalah : Prosesnya cenderung karena gulungan besar lembaran baja bisa digalvanisasi dengan lapisan yang seragam.
  • Elektro-Galvanisasi
Berbeda dengan 2 metode sebelumnya,metode jenis elektro-galvanisasi menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar.Pada tahap pertama,akan dilakukan pengurangan ion-ion seng bermuatan positif menjadi logam seng.Selanjutnya logam seng akan dendapkan pada material bermuatan positif.Metode elektro-galvanisasi juga diterapkan pada gulungan lembaran logam.

Keunggulan dari metode ini adalah:
  1. Bahan baku yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan 2 metode lain.
  2. Lapisannya terjamin seragam dan rapi.
  3. Pelapisannya lebih efisien tapi kekuatan anti karatnya lebih kuat.
  4. Melapisi anti karat lebih banyak dengan waktu lebih singkat
  5. Lapisan lebih terang dan lebih bagus.

Keunggulan

Mengapa banyak orang yang membeli produk tower yang telah di galvanis?Alasannya adalah karena tower yang sudah digalvanisasi akan cenderung menjadi lebih awet dan tahan karat,karena besi sebagai bahan baku tower tersebut telah dilapisi dengan bahan anti karat.Keunggulan lainnya yaitu
  • Material Yang Awet
Pada material ini besi dapat dibandingkan ketahan pakai yang sangat panjang dengan jenis lainnya.Ketika besi yang berukura sekitar 25 tahun maka bangunan tersbut ada di daerah perkantoran.Sedangkan apabila digunakan dalam pedesaan maka usiannya dua kali lebih lama sekitar 50 tahun.Ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya pengaruh dari alam dan sekitarnya seperti,polusi dan ikla cuaca yang ada pada daerahnya.
  • Tahan Karat
Besi yang dilapisi menggunakan bahan pelapis pipa menjadi tidak mudah berkarat.Sehingga akan menambah serta menjadikan nilai plus dari material konstruksi suatu pembangunan.
  • Kuat
Karena berasal dari bahan baku berupa besi maka jenis pipa ini terkenal dengan kekuatan serta termasuk ke dalam golongan bahan konstruksi yang kuat.
  • Harganya Terjangaku
Harga besi galvanis sangat terjangkau.Untuk kisaran harga akan mendapatkan dari proses pembuatannya.Karena tidak dilakukan suatu tambahan manual,harganya akan lebih murah.
  • Menghantarkan Listrik
Pipa besi ini bersifat menghantarkan listrik sehingga cukup sensitif saat digunakan.Hal ini dianjurkan dalam pemasangan pipa besi dijauhkan dari berbagai kabel dengan muatan listrik yang sangat berpengaruh.

Kekurangan

  • Proses Pemasangan Yang Rumit
Pemasangan pada pipa ini cukup rumit dan menumbuhkan keahlian khusus.Maka diperlukan Tehana yang mempunyai pengalaman untuk mengurangi resiko berakibat tidak kokohnya besi saat sudah terpasang
  • Cendrung Lebih Cepa Panas
Tidak hanya menghatarkan listrik,pipa besi galvanis juga mempunyai tekstur yang cendrung cepat panas.Saat terpapar sinar matahari langsung dalamkondisi terik pipa ini akan cepat panas dan berpengaruh terhadapp suhu lainnya.

Jangan lupa simak vidio,Proses Galvanis Tower Fourangle.Supaya penjelasannya dapat mudah di pahami




Lebih baru Lebih lama