Sistem Penangkal Petir


Sistem Penangkal Petir - Instalasi penangkal petir adalah suatu sistem dengan beberapa komponen dan peralatan yang secara keseluruhan berfungsi untuk menangkap petir dan menyalurkannya ke tanah,sehingga semua bagian bangunan dan aset-asetnya terlindungi dari bahaya sambaran petir.Berikut inilah adalah solusi yang terbaik untuk perlindungan perangkat anda dari sambaran petir,baik untuk perlindungan internal maupun perlindungan eksternal di lokasi anda.

1. Perlindungan Eksternal

Perlindungan eksternal adalah penangkal petir/anti petir yang banyak kita jumpa di atas bangunan berupa batang tembaga runcing atau anti petir elektrostatis,dan fungsi dari alat tersebut adalah untuk menerima sambaran langsung dari sambaran petir.

Sambaran petir secara langsung tersebut dapat berakibatkan rusaknya fisik struktur dan aset-aset yang lain dan tidak menutup kemungkinan terjadinya kebakaran dan korban jiwa.untuk mengamankan sambaran langsung tersebut maka sistem penangkal petir ini di pasang pada struktur bangunan atau pada area terbuka.

Penangkal petir Eksternal adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagian jalan bagi petir menuju permukaan bumi tanpa merusak struktru maupun aset yang dilewatinya.
Secara gatis besar ada 3 bagian pada sistem penangkal petir eksternay yaitu :
1. Head Terminal
2. Kabel Conduktor
3. Pembumian 

2. Perlindungan Internal

Perlindungan internal yaitu sistem pengaman jaringan kabel daya maupun kabel data di dalam suatu bangunan agar efek dari induksi petir tidak merusak perangkat elektronik,komunikasi atau aset yang lain.Untuk mengurangi dampak induksi yang disebabkan medan elektormagnetik disarankan unutk memasang sistem internal proteksi atau surrge arraster baik untuk listrik,Lan maupun PABX,atau peralatan elektronik lainnya seperti CCTV,DVR.Server dan banyak lainnya yang hanya menggunakan arus lemah dalam pengoperasiannya.

Sistem instalasi internal proteksi diantarannya :
1. Surge Arrester
2. Kabel Conductor
3. Pembumian

Bagi kalian yang memebutuhkan Jasa Pemasangan Penangkalan Petir ( Lightining Protection) Grounding sistem,dan Exothermic,Welding,Instalasi Surge Arrester untuk Rumah Tinggal,Perkantoran,Gednung bertingkat,Hotel,Gudan,Pabrik dan Area Tambang.Bisa menghubungi di website kami yaitu www.visiotek.co.id

 

Lebih baru Lebih lama