Tips Memilih Penangkal Petir

 


CARA MEMILIH PENANGKAL PETIR BERKUALITAS UNTUK PERLINDUNGAN DI RUMAH

Sambaran petir biasanya sangat berbahaya dan bisa menyambar bagian di posisi tinggi.Maka dari itu kita harus memasang penangkal petir untuk mengurangi adanya kejadian yang tidak di inginkan,seperti rumah yang tersambar petir akibat tidak memasang penangkal petir dan lainnya.Sebelum kita membeli atau memilih pemasang penangkal petir,kita harus tau mana penangkal petir yang bagus dan cocok untuk kondisi rumah kita dan lokasinya.

  • Berdasarkan Jenis Penangkal Petir
Tips pertama dalam memilih penangkal petir adalah mempertimbangkan jenis penangkal petir itu sendiri.Biasanya penghuni rumah sering memelih jenis penangkal petir konvensional dikarnakan penangkal petir konvensional dibuat menggunakan komponen yang sederhana.
  • Jenis Kabel Penyalur Petir
Tips kedua yang tidak kalah penting,kalian harus memperhatikan kabel penyalur petir.Jenis kabel penyalur petir yang ada dipasaran seperti,kabel BC,kabel NYY,kabel Coaxial,kabel NYAF.Dalam memelihkabel penyalur petir,diameternya perlu diperhatikan.fungsi kabel secara garis besar yakni menahan tegangan liistrik agar tetap stabil.
  • Pertimbangan Saat Grounding
Grounding sistem merupakan tahapan penting penangkal petir yang berfungsi untuk mengalirkan sambaran petir ke tanah atau ke bumi.Umumnya sistem grounding menggunakan sejenis pipa tembaga (grounding rod) dengan diameter 0.5 inch dan panjang 3-4. m.

Selain berfungsi sebagai membumikan sambaran petir,pengunaan penangkal untuk mencengah kerusakan peralatan elektronik yang ada dirumah.
  • Letak Dan Tinggi Bangunan
Tips keempat yaitu harus memperhitungkan letak dan tinggi bangunan secara akurat.Biasanya sambaran petir terjadi di dataran rendah yang cukup lapang.Seperti sawah,lapangan dan lainnya.
  • Pertimbangan Harga
Tips keliima yaitu harus mempertimbangkan harga beli.Jangan sampai kamu terkecoh dengan alat penangkal peti yang mudah dan bisa dikerjakan sendiri.Justru alat yang seperti ini membutuhkan keahlian dan pemahan kelistrikan yang baik,jadi kamu bisa memelih alat dengan harga yang sedikit lebih tinggi tetapi sudah termasuk jasa pasang dan garansi penggunaan.
  • Menggunakan Jasa Penangkal Petir
Kalau kamu tidak ingin repot mengurus pemasangan penangkal sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan jasa pasang penangkal petir.Bukan tanpa sebab memasang penangkal petir membutuhkan pengetahuan tentang kelistrikan dan pengalaman supaya hasilnya bisa sesuai fungsinya.
Lebih baru Lebih lama