Bedanya Kuningan & Tembaga

 


Splizen merupakan batang tembaga berbentuk tombak yang dipasang di atap-atap bangunan atau menara yang digunakan sebagai alat penangkal petir.Splitzen merupakan head terminal dari penangkal petir konvensional.Splitzen ini adalah jenis penangkal petir tertua sekaligus paling banyak digunakan hingga sekarang.

Apakah kalian sadar jika splitzen itu ada yang terbuat dari bahan kuningan dan tembaga?apakah kalian juga tau apa bedanya kuningan dan tembaga?

  • Warna - Cara pertama yang bisa kita lihat adalah pada warnanya,kuningan memiliki warna kemerah-merahan agak kunging sedangkan tembaga cenderung berwarna coklat agak kemerah-merahan.Mayoritas kuningan memeliki warna kuning tua dan kuning coklat seperti warna perunggu.Ada juga yang memiliki warna jingga kehijauan keemasan,tergantung dari kandungan seng didalam kuningan.
  • Karakteristik -  Karakteristik kuningan biasanya memiliki tekstur yang kasar.Sedangkan karakteristik tembaga setelah diproses biasanya sangat kunak.Maka dari itu tembaga menjadi lebih mudah ditekuk dan elastis dibandingkan kuningan.
  • Daya Tarik Magnet - Kuningan lebih cenderung sulit untuk ditarik magent.Sedangkan tembaga yang merupakan logam tunggal sangat mudah ditarik oleh magnet.Cara ini bisa digunakan untuk membedakan kuningan dan tembaga.
  • Sifat  - Cara selanjut adalah dengan melihat sifat yang dimiliki masing-masing logam.Tembaga murni memiliki sifat halus dan lunakmsehingga ketika dipukul akan menghasilkan suara penuh dan teredam.Sedangkah kuningan apabila dipukul akan bersuara nyaring dan jernih.

Lebih baru Lebih lama