Deretan Fakta & Mitos Penangkal Petir

 


MENGUPAS TUNTAS FAKTA & MITOS TENTANG PENANGKAL PETIR

Petir pada umumnya merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya yang sesaat yang menyilaukan.Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh.Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaanya antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir memeliki suara yang menggelegar dan mengagetkan dari petir pasti membuat sebagian orang merasa nggak nyaman.Dimusim hunan petir sering dapat muncul secara tiba-tiba.Bahaya dari sambaran petir pun sangat serius dan tidak main-main,mulai dari membakar sesuatu objek sehingga dapat menewaskan orang lain.Untuk menghindari tersebut,setiap rumah sangat dianjurkan memasang alat proteksi tambahan berupa penangkal petir.

Penangkal petir sendiri sebenarnya sudah menjadi salah satu alat yang tidak terpisahkan dari sebuah bangunan,termasuk rumah.Namun karena adanya mitos yang beredar tentang penangkal petir,membuat sebagian orang jadi enggan memasang alat proteksi yang satu ini.Supaya kalian tidak keliru,sebaiknya mengetahui beberapa fakta dan mitos tentang penangkal petir.
  • Penangkal Petir Dapat Menarik Petir
Salah satu mitos yang paling sering ditemukan mengatakan bahwa penangkal petir dapat menarik petir.
Hal ini sangat keliru.Pada dasarnya oenangkal petir tidak dirancang untuk menarik petir.Sistem proteksi yang ada pada penangkal petir hanya menangkapp dan memotong sambaran petir.Sesudah itu penangkal petir akan mengalirkan sambarannya kedalam sistem grounding.
  • Penangkal Petir Tidak Benar-Benar Befungsi
Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa alat penangkal yang dipasang pada sebuah bangunan tidak berfungsi sama sekali.
Bila alat penangkal petir dipasang dengan standar keselematan,sistem proteksi petir akan melindungi bangunan dengan baik untuk menahan banyak sambaran petir.Namun sebaliknya,bila tidak dipasang dengan benar,alat penangkal petir yang ada tidak dapat berfungsi dengan baik sebagaimana fungsinya.
  • Rumah Yang Memeliki Atap Lebih Rendah Tidak Perlu Penangkal Petir
Siapa bilang hanya bangunan tinggi yang perlu penangkal petir,faktanya rumah dengan struktur atap yang lebih rendah juga perlu alat proteksi penangkal petir.Hal ini tentu ada alasanya sendiri.
Tingkat dan struktur atap yang lebih rendah ternyata sering menjadi sasaran sambaran petir.Ini disebabkan petir hanya mencari jalur resistensi terindah ke tanah.

Pada ilmuan sendiri mengatakan bahwa petir tidak akan mencapai target penghentian sambarannya sampai dalam jarak 150 kaki dari titik serang.Jadi meski rumah memeliki struktur atap yang lebih rendah sekalipun,tetapi dipasang alat penangkal petir demi keselamatan.
  • Penangkal Petir Dapat 'melepaskan' awan badai
Mitos ini mungkin pernah didengar.Beberapa orang menganggap bahwa penangkal petir dapat melepaskan awan badai.Namun ternyata hal tersebut ialah mitos belaka.
Faktanya sistem proteksi yang baik pada penangkal petir hanya berfungsi untuk mengalihkan sambaran petir kedalam tanah.Sementara untuk melepaskan atau menguras muatan dari badai,penangkal petir tidak dapat melakukannya.
Mitos ini sendiri sebenarnya muncul ke permukaan karena banyak orang yang beranggapan bahwa muatan petir pada awan badai dapat terkuras atau dipengaruhi oleh benda-benda yang berada di dalam tanah


Lebih baru Lebih lama