Jenis Sambaran Petir Di Dunia

 


JENIS-JENIS SAMBARAN PETIR DI DUNIA

Petir adalah gejala yang biasanya muncul pada musim hujan dan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan.Petir juga merupakan gejala alam yang bisa dianalogikan dengan sebuah kondensator raksasa,saat lempeng pertama berupa awan dan lempeng keduanya adalah bumi.Ternyata ada beberapa jenis-jenis sambaran petir yang berbeda beda di dunia.
  • Ketika terjadinya awan terkadang kita dapat melihat garis di udara di sekitar badai,itu disebut petir awan ke udara atau di sebut Anvil Crawler.Petir juga dapat melakukan dari awan ke awan.Ketika petir terlihat tertanam di awan dan sepertinya pada luminositas selama bagian petir,di sebut lembar pencahayaan atau intra awan petir.Banyak orang telah melihat petir yang panas tapi tidak mengatakan mendengar guntur.Namun guntur di kejauhan itu terlalu jauh untuk di dengar.Setiap kali terjadi petir maka selalu ada guntur.
  • Petir melalui udara memancarkan cahaya putih,tetapi dapat muncul sebagai warna yang berbda tergantung pada kondisi cuaca.Karena kelembaban,kabut,debu dan semacamnya,petir jauh dapat muncul merah atau orange dalam cara yang tidak sama saat matahari terbenam.
  • Petir,api,es dan abu bersatu disini.Vulkanik memicu petir terdengar sesuatu seperti tembakan senapan,sementara listrik yang di produksi menghasilkan gemuruh panjang.
  • Di Amerika Serikat rata-rata 58 orang meninggal dunia setiap tahunnya oleh petir dan sekitar 250 orang bertahan hidup.Setiap tahunnya setelah di sambar petir namun sebagian besar mereka bekas luka permanent.
  • Walaupun jarang terlihat dengan mata telanjang,petir sangat istimewa,jarang terlihat seperti flash sprite merah biru.Sprite petir muncl seperti ubur-ubur raksasa dengan cahaya merah darah-biru panjang tergantung pada tentakel.
  • Petir terdiri dari 3-4 stroke individu tetapi mungkin memeliki lebih.Dipisahkan oleh 40-50 menyebabkan efek "Strobe Light".Yang pertama adalah yang terkuat.Setiap stroke berturut-turut biasanya kembali menggunakan saluran debit diambil oleh stroke sebelumnya.Berkepanjangan oleh gemuruuh guntur yang menyerang kembali.
  • Ini merupakan tipe dasar awan petir yang muncul untuk membubarkan menjadi string pendek,lampu,yang berlangsung lebih lama dari biasanya.Petir terlihat agak seperti pita.Hal ini terjadi dalam angin badai dengan trafik tinggi dan stroke yang lalu.Angin bertiup kembali dalam satu baris ke setiap stroke,juga ke salah satu sisi belakang stroke sebelumnya,menunjukan efek dari pita.Pita staccato memeliki durasi stroke pendek,muncul sebagai petir tunggal sangat cerah dan sering memeliki dampak yang cukup besar.
  • Petir ini telah ada selama berabad-abad,mulai dari sejarah Yunani Kuno,Julius Caesar,Columbus dan Magellan,menyebabkan rasa takut sebagai api biru terinspirasi cerita roh dan hantu.
  • Bali Thunder merupakan fenomena alam yang aneh,dengan laporan peninjauan kembali ke Yunani Kuno.Jenis yang paling umum merupakan kilatan petir coret,tetapi petir ini menyebabkan ancaman terbesar terhadap kehidupan dan properti.Petir dapat di picu oleh berbagai peristiwa mulai dari ledakan temonuklir untuk meluncurkan roket seperti Challenger atau Apollo 12.
  • Petir dipicu vulkanik bukanlah sesuatu yang sering kita lihat.Setidaknya sebelum neraka meledik di inslandia.Ada tiga jenis pencahayaan vulkanik.Petir dapat dipicu menggunakan letusan gunung berapi yang sangat besar,yang mengeluarkan gas dan material ke atmosfer.Jenis perantara dari ventilasi gunung berapi,kadang-kadang memeliki panjang 1,8 km.Lalu ada percikan petir jenis jauh lebih pendek dan hanya berlangsugn beberapa milidetik.
  • Biasanya selama badai,terjadinya petir bisa mencapai 80 % terlihat di awan dan 20% terlihat di darat.Bangunan,menara dan titik tertinggi lainnya sering di sambar petir,karena listrik menemukan jalan dan perlawanan terendah.Petir turun dari langit ke bawah,tetapi bagian yang anda lihat berasal dari bawah ke atas.Bisa menyerang tempat yang sama lebih dari sekali.
  • Air merupakan konduktor yang sangat baik,sehingga orang memelih tinggal jauh dari luat,danau dan kolam khususnya saat terjadi badai petir.Dalam badai pelaut beresiko terkena sambaran petir awan ke laut,selain angin kencang,tinggi gelombang berombak dan hujan deras.Pelaut di anjurkan untuk mencari pelabuhan yang aman sampai badai sampai badai beralalu dan memastikan kru menggunakan jaket.
  • Petir merupakan kekuatan alam yang mengenaskan.Indah,sekaligus yang berbahaya.Lampu kilat biru-putih, cemerlang petir disebabkan oleh panas yang ekstrim.Petir lebih panas dari permukaan matahari.Petir ganda memeliki ancaman yang berganda pula.
  • Rocket kilat biasanya horinzal dan di dasar awan.Saluran Luminous muncul melalui udara dengan kecepatan visual tinggi,sering terputus-putus.Gerakan ini menyerupai gerakat roket.Ini adalah salah satu tipe petir yang paling langka.


Lebih baru Lebih lama