Junction Box Kabel Listrik

 

Junction Box kabel listrik merupakan alat yang berfungsi sebagai kotak manajemen dan panel induksi berbagai sambungan kabel listrik.Dengan menggunakan Junction Box berbagai sambungan kabel akan rapin dan terlindungi apalagi jika digunakan pada area outdor.Instalasi listrik di luar ruangan banyak terpapar perubahan cuaca seperti,hujan,matahari terik dan kelembapan udara.Perubahan cuaca ini dapat menyebabkan alat listrik dan instalasi outdoor jadi mudah rusak,berkarat bahkan dapat menyebabkan arus pendek atau korsleting dan terjadinya kebakaran apabila instalasi listrik terbuka dan terkena hujan.

Untuk demi keamanan,instalasi listrik outdoor perlu disimpat pada box panel listrik khusus untuk pemasangan di luar ruangan.Box panel listrik memeliki peranan dan fungsi yang sangat penting karena berfungsi untuk menjaga keamanan pada saat terjadinya gangguna dalam aliran listrik.selain itu box panel berguna untuk melindungi listrik dari kerusakan baik itu disengaja atau tidak disengaja.

Ada beberapa material Juction Box dipasaran yaitu:

  • Juction Box Plastik
  • Junction Box Logam
  • Juction Box ABSharg
Untuk Jenis ABS Junction Box Plastik merupakan salah satu pilihan box panel listrik yang sesuai untuk digunakan pada pemasangan instalasi listrik luar ruangan.ABS Junction box plastik terbuat dari material plastik ABS pilihan sehingga tidak akan berkarat dan tidak mudah getas.Tutup Box Dilengkapi dengan seal karet,sehingga instalasi lisrik di dalamnya aman dari percikar air hujan.
Fungsi Box Plastik jenis ini memeliki beberapa fungsi seperti untuk pemasangan saklar,stop kontak,fotosel,panel listrik di luar ruangan,sebagai junction box untk instalasi listrik dan instalasi telekomunikasi dan network.ABS juction box plastik dapat dipasang menempel pada dinding atau outbow,maupun dipasang dalam diding atau inbow.

Lalu bagaimana memilih Junction Box yang baik?

Material

Perhatikan material cangkang atau wadah dari Junction Box yang digunakan.Pilihlah material yang anti karat dan tahan terhadap paparan sinar matahari.Selain itu,pastikan juga daerah tersebut cocok bila diletakan diluar ruangan.

Material terbaik untuk Junction Box adalah dari plastik dan papan sirkuit dengan kulaitas terbaik.Selain itu Junction Box juga sebaiknya memeliki ketahanan terhadap debu dan air.

Bentuk

Lalu yang selanjutnya,perhatikan Junction Box pada bagian dalamnya.Kalian bisa memilih produk yang menggunakan pembatas didalamnya.Jika memungkinakan carilah Junction Box yang dilengkapi dengan sistem teknologi yang baru.Sehingga kabel yang tersimpan di dalam,biisa lebih terjaga lagi keamanannya dan mampu menangani panas yang dihasilkan dengan baik sehingga bisa mengurangi panas berlebih.

Lain halnya dengan Junction Box yang digunakan untuk menyimpan berbagai kabel.Khusus untuk junction yang digunakan panel surya pv bentuknya sangat sederhana kecil dan terdiri dari beberapa dioda.

Lebih baru Lebih lama