Manfaat Penangkal Petir

 



TUJUH MANFAAT PEMASANGAN PENANANGKAL PETIR PADA GEDUNG TINGGI

Penangkal petir merupakan suatu perangkat yang terdiri dari serangkaian jalur yang difungsikan sebagai media mengalirkan arus listrik petir kedalam tanah tanpa merusak benda apapun yang dilewati petir tersebut.

Petir pada umumnya mencari tempat dimana dataran tinggi atau gedung tinggi untuk melepaskan muatannya.Maka dari itu gedung pencakar langit,menara radio siaran,bahkan kubah masjid dan yang lainnya.Direkomendasikan menggunakan pemasangan penangkal petir pada gedung tinggi modern untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan sambaran petir,namun sekarang penangkal petir bisa digunakaan untuk struktur yang lebih kecil seperti rumah,untuk menghindari bahaya yang berlebihana.

Namun apakah kalian tau,ada beberapa manfaat penangkal petir pada gedung tinggi atau gedung pencakar langit.
  • Menyalurkan Arus Petir
Sambaran petir yang telah mengenai terminal penangkal petir sebagai alat penerima sambaran akan membawa arus yang sangat tinggi,maka dari itu harus dengan cepat disalurkan ke bumi (grounding) melalui kabel penyalur sesuai standar sehingga tidak terjadi loncatan listrik yang dapat membahayakan struktur bangunan atau membahayaakan perangkat yang ada di dalam sebuah bangunan.
  • Menangkap Petir
Dengan cara menyediakan sistem penerimaan (Air Terminal) yang dapat dengan cepat menyambut sambaran arus petir,dalam hal ini mampu untuk lebih cepet dari sekelilingnya dan memproteksi secara tepat dengan memperhitungkan besaran petir.
  • Proteksi Petir Jalur Power Listrik
Proteksi terhadap jalur dari power munta diperlukan untuk mencegah terjadinya induksi yang dapat merusak peralatan listrik dan elektronik.
  • Proteksi Grounding System
Selain memperhatikan resistansi atau tahanan tanah,material yang digunakan untuk pembuatan grounding juga harus diperhatikan,jangan sampai mudah korosi atau karat,terlebih lagi jika didaerah dengan dengan laut.Untuk menghindari terjadinya loncatan arus petir yang ditimbulkan adanya beda potensial tegangan maka setiap titik grounding harus dilindungi dengan cara integrasi atau bonding system.
  • Proteksi Petir Jalur Elektronik
Melindungi seluruh perangkat elektronik seperti CCTV,mesih dll dengan memasang surge arrester elektronik.
  • Menampung Petir
Dengan cara membuat grounding system dengan resistansi atau tahanan tanah kurang dari 5 Ohm.Hal ini agar arus petir dapat sepenuhnya diserap oleh tanah tanpa terjadinya step potensial.Bahkan di lapangan saat ini umumnya resistansi atu tahanan tanah untuk instalasi penangkal petir harus dibawah 3 Ohm

Lebih baru Lebih lama