Jenis Kabel Instalasi Listrik


JENIS-JENIS KABEL INSTALASI LISTRIK STANDAR PLN

Saat memakai listrik,kalian perlu kabel yang tersambung ke konektor dan alat elektronik,Kabel untuk keperluan listrik terdiri dari berbagai tipe seperti NYA,NYM,NGA dan NYY.Masing-masing memeliki arti kode huruf dan fungsi berbeda serta konfigurasi yang susuai kebutuhan.

Fungsi kabel yang utama adalah menghantarkan listrik dari satu komponen,alat dan instalasi lainnya.Tantap kabel listrik akan masuk rangkaian terbuka yang berbahaya jika arus dan tegangan sangat tinggi.Lanjut mengenai tipe dan fungsi kabel akan dijelaskan pada bagian berikut.

  • Kabel NYA
Kabel NYA merupakan jenis kabel yang materialnya terbuat dari tembaga berlapis PVC.Satu kabel dapat terdiri dari beberapa inti tembaga terpisah dan masing-masing memakai lapisan sendiri.Kabel ini sering dipakai untuk keperluan harian.

Arti Kode Kabel NYA :

N = Jenis kabel dengan inti tembaga
Y = Material isolasi berupa PVC
A = Inti kabel bersifat tunggal

  • Kabel NYM
Kabel NYM merupakan tipe kabel untuk sambungan beberapa konektor.Kalian akan menemukan dua hingga empat inti tembaga tunggal dengan lapisan isolator.Selanjutnya semua inti diselimuti lagi dengan isolator terluar.

Arti Kode Kabel NYM :

N  = Jenis kabel dengan inti tembaga
Y  = Material isolasi berupa PVC
M = Inti kabel lebih dari satu

  • Kabel NYY
Kabel NYY termasuk tipe kabel yang cocok untuk kebutuhan listrik rumah jangka panjang.Bentuknya terdiri dari tembaga tunggal dengan lapisan PVC serta tambahan selimut anti gigitan tikus.Kabel ini juga cukup fleksibel serta bertahan lama di tempat ekstrem.

Arti Kode Kabel NYY :

N = Jenis kabel dengan inti tembaga
Y = Material isolasi berupa PVC
Y = Isolasi luar menggunakan material PVC

  • Kabel NGA
Kabel NGA merupukan jenis kabel listrik yang memiliki inti tembaga tunggal dengan isolasi berbahan karet.Umumnya kabel NGA ini merupakan kabel yang banyak digunakan sebagai penghantar dalam instalasi penerangan.

Arti Kode Kabel NGA

N = Jenis kabel dengan inti tembaga
G = Material isolasi berupa karet
A = Inti kabel bersifat tunggal

  • Kabel NYAF
Kabel NYAF merupakan tipe kabel yang memakai tembaga berserabut.Inti tersebut disiplin menyerupai satu lapisan konduktor tunggal.Selanjutnya kabel dilapisi isolator untuk mencegah arus listrik terbuka

Arti Kode Kabel NYAF :

N = Jenis kabel dengan inti tembaga
Y = Material isolasi berupa PVC
A = Inti kabel bersifat tunggal
F = Penghantar kawat serabut

  • Kabel NYFGBY/NYRGBY/NYBY 
Kabel NYFGBY/NYRGBY/NYBY masih menggunakan tembaga tetapi isolator terbuat dari baja.Kalian akan melihat kabel tersebut untuk instalasi listrik skala besar dan bertegangan tinggi.Lapisan baja mampu menahan beban dan lebih kokoh.

Arti kode kabel NYFGBY :

N= Jenis kabel dengan inti tembaga
Y= Material isolasi berupa PVC
F= Penghantar kawat serabut
GB = Material lilitan dari plat baja
Y= Material isolasi luar PVC

  • Kabel NYMHYO
Kabel NYMHYO ukurannya cukup kecil tipis terbuat dari tembaga berserabut sebagai inti.Kabel menggunakan dua inti bahkan lebih yang dapat terhubung ke alat elektronik misalnya port atau audio.

Arti kode kabel NYMHYO :

N  = Material inti kabel tembaga
Y  = Material isolasi PVC
M = Jumlah inti kabel lebih dari satu
H  = Penghantar serabut (kawat halus) 
Y  = Material isolasi luar PVC
O  = Perlindung terbuka dari kawat kawat baja

  • Kabel NYMHY/NYYHY
Kabel NYMHY/NYYHY merupakan tipe kabel listrik yang memakai inti tembaga berserabut serta dilapisi isolator.Selain itu intinya terdiri dari dua atau lebih dengan ukuran medium.Kabel ini dipakai untuk keperluan harian yang harus menyambungkan ke alat elektronik.

Arti kode kabel NYMHY :

N = Material init kabel tembaga
Y = Material isolasi PVC
M = Jumlah inti kabel lebih dari satu
H =  Penghantar serabut (kawat halus)
Y = Material isolasi luar PVC

  • Kabel NYCY
Kabel NYCY dapat dipakai untuk beberapa keperluan sambungan listrik,ini merupakan konduktor berinti tembaga dengan isolator level tinggi.Kalian bahkan mampu menyambungkan kabel ke beberapa konektor.

  • Kabel BC
Kabel listrik yang tidak memeliki lapisan isolator.Cara pakaianya dengan memasukan ke pipa PVC atau selubung tanah.Tipe ini disebut kabel BC yang terdiri dari satu inti tembaga.Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi penangakal petir.

  • Kabel AAAC
Kabel AAAC merupakan kabel yang berbeda dari sebelum sebelumnya,karena inti memakai alloy yang teridiri dari silicon,magnesium kabel ini.Kabel ini hanya dipakai pada keperluan khusus.

  • Kabel ACAR
Kabel ACAR merupakan tipe kabel yang berinti kawat baja dan berselubung alumunium.Ini kabel yang mampu menerima dan menghantar tengangan tinggi.Lapisan isolator sangat solid sehingga kabel terkesan kak dan aga sulit ditekuk.



 

Lebih baru Lebih lama