Kenapa Kabel Konduktor dibutuhkan?



sebelum kamu memasang instalasi pembumian atau proteksi petir, Tentunya kamu juga perlu mengetahui standar ukuran kabel instalasi listrik, Karena kabel merupakan komponen utama yang dibutuhkan untuk instalasi sistem pembumian, kabel untuk sistem pembumian Atau kabel arde biasanya berwarna hijau atau kuning dengan strip hijau, Kabel dengan warna hijau atau kuning memang umumnya digunakan untuk kabel konduktor, Sebagai contoh yaitu penggunaan yang beragam untuk jenis konduktor seperti konduktor pembumian dan konduktor proteksi petir selain itu, Kabel hijau kuning ini juga digunakan untuk menghubungkan ikatan ekuipotensial pada tanah, Jika kamu ingin melakukan instalasi sistem pembumian maka yang kamu punya yaitu kabel konduktor, Kabel konduktor mempunyai beberapa jenis yaitu: 

1. Kabel NYA

Kabel NYA adalah salah satu jenis kabel listrik yang sering digunakan dalam instalasi listrik di berbagai aplikasi. Di Indonesia, NYA adalah standar kabel yang mengacu pada SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sering digunakan untuk aplikasi rumah tangga, komersial, dan industri.

2. Kabel BC

Kabel BC adalah singkatan dari "Bare Copper" atau "Bare Copper Conductor," yang artinya adalah konduktor tembaga yang tidak memiliki lapisan isolasi eksternal. Ini adalah jenis konduktor tembaga yang murni tanpa pelapis insulasi seperti yang dimiliki oleh banyak jenis kabel listrik lainnya.

 3. Kabel NYY

Kabel NYY adalah salah satu jenis kabel listrik yang sering digunakan dalam instalasi listrik di berbagai aplikasi, terutama di Indonesia. Ini adalah salah satu standar kabel yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sering digunakan dalam aplikasi rumah tangga, komersial, dan industri.

4. Kabel Coaxial

Kabel koaksial (coaxial cable) adalah jenis kabel transmisi yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal elektrik dengan tingkat kebisingan rendah dan isolasi yang baik. Nama "koaksial" berasal dari konstruksinya yang terdiri dari dua konduktor yang berbagi sumbu yang sama, yaitu konduktor dalam (inner conductor) dan mantel (outer conductor).



Lebih baru Lebih lama