4 Alternatif Menangkal Petir Bagi Atap Baja atau Logam


Atap Baja Mudah Tersambar Petir?

Sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan atap baja ringan sebagai rangka rumah dibandingkan dengan kayu. Karena, baja ringan memiliki ragam keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kayu. Struktur baja ringan yang terbuat dari material dan bersifat konduktor dapat menghantarkan aliran listrik. Tapi, banyak yang bertanya-tanya mengenai atap baja ringan yang muda tersambar petir. Apa benar seperti itu?


Bagaimana Petir Bisa Menyambar Bangunan?

Terdapat 4 jenis yang kita ketahui, yaitu:

  1. Intra Cloud(IC)
  2. Cloud to Cloud(CC)
  3. Cloud to Air(CA)
  4. Cloud to Ground(CG)
Tetapi jenis petir yang sering kita temui dalam kehiudpan yaitu Cloud to Ground. Dikarenakan tipe ini melepaskan muatan dari awan ke bumi. Seperti yang di lansir dari BDC Network, lokasi yang memudahkan untuk terkena sambaran petir tergantung pergerakan badai geografi dan topografi. Ketika petir siap untuk menyambar dia akan mencari atap logam untuk menjadi konduktornya.

Ternyata ada yang berasumsi bahwa logam justru mempermudah samabaran petir terjadi seperti hal nya penangkal petir. Padahal penangkal petir bukan untuk menarik petir, melainkan menyambarkan dengan aman kedalam tanah, jika menyambar ke area bangunan.

Ketika petir tipe CG ini dilepaskan ke bumi memang seharusnya melalui perantara. Oleh sebab itu, kemungkinan gedung beratap tinggi terkena sambaran petir sangat mudah. Sebenarnya bahan penutup atap rangka baja ringan bukan faktor penentu petir dapat mudah menyambar.


Bangunan seperti apa yang dapat menerima resiko sambaran petir?

Bangunan yang terbuat dari logam atau atap baja ringan dapat memberikan jalur muatannya ke bumi. Sehingga bangunan tersebut dapat bertahan dari sambaran petir sekalipun. Walaupun,  atap baja ringan dikategorikan sebagai konduktor listrik yang baik. Tapi, bukan berarti mempermudah terjadinya sambaran petir.


Langkah-Langkah Menangkal Petir:
  1. Memasang Penangkal Petir: Biasanya penangkal petir ditempatkan pada bagian paling tinggi dari sebuah bangunan. Sistem perlndungan petir ini mempuyai batang penerima petir di atap, jalur kondutor atau kabel dari atap ke tanah. Untuk bagian bawah ada batang pembumian yang terbuat dari tembaga. Disarankan untuk bangunan yang luas jangan hanya memasang 1 penangkal petir.
  2. Memasang Atap Non Konduktif: Mengapa benda yang terbuat dari kaca jarang tersambar petir? Karena kaca dapat mencegah sambaran petir, biasanya digunakan agar cahaya matahari dapat masuk kedalam rumah.
  3. Pemasangan Rangka yang Sesuai Standar: Memerikasa kembali bagian-bagian atap yang terlihat percikan api, biasanya terlihat pada bagian sambungan rangka baja ringan. Apabila terdapat bagian baja ringan yang kendor, harus segera dikencangkan agar dapat meminimalisir gesekan.
  4. Jauhkan Barang yang Mudah Terbakar: Barang-barang yang terbuat dari alumunium, baja ringan, ataupun besi bisa menyebabkan pemuaian. Jika bangunan sudah sesuai standar tingkat ketahanan api, maka tidak perlu khawatir lagi.
Lebih baru Lebih lama